Bisnis

Zabo Coffee & Resto Membidik Ikon Baru Kafe di Jombang

Awak Zabo Coffee & Resto Jombang, Jawa Timur TWITTER

ASATUNEWS.CO.ID — Membidik jadi ikon baru kafe di Jombang, Jawa Timur, bukan hal yang mustahil bisa digapai Zabo Coffee & Resto yang letaknya di pertigaan Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Kusuma Bangsa.

Banyak yang unik bisa ditemui dari kafe yang pada Sabtu (7/4/2018) melakukan grand opening, sekaligus mengawali jam terbangnya terbuka untuk dikunjungi masyarakat Jombang yang ingin bersantai dengan suasa berbeda, dibanding kafe yang sudah ada di Jombang, bahkan kota lain di Jawa Timur.

“Lokasinya saja terbilang unik, kita pakai dua alamat. Yang satu Jalan Urip Sumoharjo untuk alamat bisnisnya, satunya lagi Jalan Kusuma Bangsa untuk izin usaha,” kata Cipto, owner Zabo sambil terkekeh. Soal alamat ini tak lepas dari sejarah lahan yang digunakan untuk kafe, yang memang ada di dua alamat berbeda, di pojok dua jalan yang cukup ramai tersebut.

“Mulanya, sebuah toko buku di Jalan Kusuma Bangsa, kemudian kita membeli properti yang di Jalan Urip Sumoharjo. Begitu disatukan, dan dibuatkan jadi dua lantai, menurut saya jadi cukup representatif untuk sebuah kafe,” jelas Cipto.

Ihwal kafe yang jadi pilihan usahanya, tak lepas dari putranya, Yogi. “Anak saya ini sebentar lagi selesai kuliahnya, tapi karena ingin buka usaha kafe, ya kita buatkan kafe ini,” jelas Cipto, lagi-lagi sambil terkekeh, karena di luar dugaannya ternyata Yogi seorang barista, piawai meracik kopi dan beragam minuman lainnya. Itu dibuktikan, ketika dalam waktu singkat menyanjikan minuman lengkap dengan hiasan di bagian atasnya

Zabo tak hanya membidik pecinta minuman, khususnya kopi. Tapi, juga penyelenggara-penyelanggara event di Jawa Timur. Itu sebabnya, lantai dua kafe ini dirancang luas, yang memberikan keleluasaan bagi penyelenggara acara. “Pada saat soft opening kita dihubungi beberapa mitra untuk menyelenggarakan acaranya di sini. Ada yang sudah booking sebulan sekali, ada yang beberapa bulan sekali, dan ada juga yang setahun sekali,” jelas Cipto yang optimistis dengan bisnis ini.

Siapkan 50 Menu
Bagi yang tak hanya menikmati kopi alias penggila kuliner, jangan khawatir dengan menu. Zabo menyiapkan 50 jenis menu. Untuk menu-menu ringan yang biasa disajikan di kafe-kafe, Zabo menyiapkan satu yang unik dan boleh jadi sebagai andalannya. Nama kerennya Chicken Hidden yang bisa saja diterjemahkan menjadi Ayam Ngumpet.

Soal menu ini, sempat heboh di Medsos, pada saat soft opening di penghujung Maret 2018. “Silakan dicoba menu Chicken Hidden,” ungkap chef Djoko Santoso, saat soft opening seraya menyajikan menu spesialnya.

Bagi yang pertama kali memesan, pasti akan kaget. Karena pada saat disajikan, yang terlihat hanya nasi putih bulat tanpa sayur ataupun ayam. Di mana ayamnya? Silakan belah nasi putihnya, akan muncul daging ayam yang diracik dengan bumbu rempah-rempah. “Ayamnya memang ada di dalam nasi, makanya dinamakan Chichen Hidden,”kilah Djoko.

Terpisah Yogi mengungkapkan, kafe ini dijalankan oleh sekitar 12 awak, belum termasuk dirinya. “Ada 12 pegawai di sini, yang rerata seumuran dengan saya,” jelas Yogi di lantai 2 kafe, yang saat itu tengah ditata untuk persiapan grand opening, sekaligus acara diskusi publik.

Yogi menyebutkan, layaknya kafe lain. Zabo juga dilengkapi dengan WiFi gratis untuk pengunjung. Bahkan, dua WiFi berbeda, yakni khusus untuk lantai satu, yang merupakan lantai keluarga yang dingin ber-AC, dan untuk lantai dua yang suasananya lebih terbuka dengan kipas-kipas besar yang ditempatkan di lokasi strategis. Dengan demikian pengunjung akan jauh lebih nyaman tanpa terganggu aksesnya ke jaringan internet.

Berbeda dengan kafe lain, Zabo juga menyiapkan dua lokasi toilet berbeda, yang tak sekadar dibuat berdampingan dibedakan dengan tanda pria dan wanita. Khusus untuk kaum hawa ada di lantai bawah, sementara yang khusus pria di lantai dua. Selain juga mushola dan ruang khusus untuk keperluan lain yang terlihat sebagai lantai tiga, namun masih menyatu dengan lantai dua, menggunakan sebagian areal di lantai dua. Kenyamanan bagi pengunjung, tampaknya menjadi prioritas dan perhatian utama pemilik kafe. (***)

1,292 total views, 16 views today

Popular

To Top