Indo 24

Terus Lakukan Upaya Pemadaman Kebakaran di Gunung Merbabu

Ketua DPR Bambang Soesatyo (iNEWS)

Jakarta 18/10 – Kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu mencapai 400 hektare hingga kini masih belum bisa dipadamkan dan mengarah ke pemukiman penduduk, terutama yang tinggal di lereng Gunung Merbabu serta meluas hingga ke perbatasan Ampel Boyolali, Rabu (17/10/2018).

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan pimpinan DPR melalui Komisi IV DPR meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Kepolisian, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk terus melakukan upaya pemadaman pada lahan yang terbakar dan segera melokalisir titik api.

“Guna mencegah perluasan wilayah hutan yang terbakar serta meminimalisir merembetnya api ke daerah lain, salah satunya dengan mengupayakan pemadaman menggunakan water bombing, mengingat sulitnya medan untuk dijangkau,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Legislator dari Dapil VII Jateng ini juga menyebutkan, pimpinan DPR melalui Komisi V DPR dan Komisi VII DPR meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk melakukan modifikasi cuaca dengan membuat hujan buatan serta membuat inovasi terhadap kondisi kekeringan air di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu antara lain dengan membuat sumur-sumur artesis, sebagai upaya untuk mempercepat penanggulangan kebakaran hutan dan penyebaran titik api, mengingat lahan yang terbakar sudah menjalar ke pemukiman warga.

“Mendorong Komisi IV DPR meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui BPBD bersama aparat desa setempat untuk melakukan langkah-langkah antisipatif dalam meminimalisasi dampak meluasnya karhutla ke pemukiman penduduk dengan mulai membuat tempat evakuasi ruang bebas pencemaran udara asap agar warga setempat dapat memiliki tempat yang aman dari dampak karhutla yang terjadi,” tambahnya.

Komisi IX DPR juga didorong untuk meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan Daerah untuk melakukan langkah-langkah antisipasi dampak kebakaran lahan pada kesehatan masyarakat, seperti meningkatnya kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“Mendorong Komisi IV DPR meminta KLHK melalui Satgas Karhutla, Tim sukarelawan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) bersama TNI dan Kepolisian untuk terus melakukan giat pemantauan titik api di wilayah-wilayah tersebut, guna mengantisipasi dampak dari karhutla ataupun penyebaran titik api yang mungkin terjadi,” sebutnya.

Ketua DPR juga mengimbau warga di sekitar lereng Gunung Merbabu untuk tetap waspada serta agar selalu menaati dan mengikuti arahan dari petugas penjaga hutan guna menghindari adanya korban jiwa. []

101 total views, 3 views today

Popular

To Top