Roy Suryo Apresiasi Masuknya RI ke DK-PBB

Roy Suryo MERDEKA

ASATUNEWS.CO.ID– Anggota komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Roy Suryo di Jakarta, Sabtu (9/6/2018) menghargai keterpilihan Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa meskipun bukan yang pertama kali terjadi.

“Saya mengapresiasi upaya pemerintah, namun ini bukan yang pertama kali bagi Indonesia menjadi anggota Dewan Keamanan PBB, karena dulu juga menjadi Anggota dan ini yang keempat kali,” kata anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat tersebut.

Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk masa jabatan 2019 hingga 2020 itu di sidang Majelis Umum badan dunia itu pada Jumat setelah mengalahkan Maladewa dengan 144 dari 190 suara.

“Keanggotaan dalam DK-PBB ini bukan yang pertama. Indonesia pada zaman Pak Harto, 1973-1974 dan 1995-1996, juga Pak SBY pada 2007-2008 menduduki jabatan yang sama,” kata Roy.

Dewan Keamanan PBB terdiri atas 15 negara anggota, yang terbagi menjadi lima negara anggota tetap, yakni Amerika Serikat, Inggris, Prancis, China dan Rusia, serta 10 negara anggota tidak tetap. Anggota tidak tetap dipilih masing-masing lima negara setiap tahun melalui pemungutan suara Majelis Umum PBB dan akan menjabat dua tahun.

ANTARA

222 total views, 1 views today