Indo 24

Masyarakat Diimbau Antisipasi Dampak Curah Hujan Tinggi

Bambang Soesatyo (iNEWS)

Jakarta 7/11 (Asatunews.co.id) — Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengimbau seluruh masyarakat untuk mengantisipasi dampak dari curah hujan yang tinggi, terutama masyarakat yang tinggal di dekat daerah aliran sungai/DAS untuk mewaspadai potensi terjadinya banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang.

Penegasan ini terkait potensi banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang, yaitu di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua, sebagaimana informasi prakiraan cuaca dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Mendorong kesiapan Kementerian Sosial (Kemensos), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang, terutama mengantisipasi dan mencari solusi terhadap wilayah-wilayah yang masih terisolasi atau sulit akses,” kata Bamsoet dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Rabu (7/11//2018).

Legislator dari Partai Golkar asal Dapil VII Jateng ini juga memberikan dorongan kepada BMKG untuk selalu meng-update kondisi cuaca serta bekerja sama dengan lembaga penyiaran (publik/swasta) dalam menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat.

“Mendorong BMKG bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam menyampaikan informasi cuaca khususnya untuk kepentingan transportasi udara (kepentingan penerbangan melalui Air Traffic Control/ATC), transportasi laut/danau/sungai (nakhoda kapal), dan transportasi darat,” demikian Ketua DPR. []

75 total views, 6 views today

Popular

To Top