Indo 24

Lakukan Langkah Penanggulangan Banjir dan Longsor

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (PIKIRAN RAKYAT)

Jakarta 22/10 (Asatunews.co.id) — Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, pimpinan DPR melalui Komisi II DPR dan Komisi VIII DPR meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Daerah dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan langkah-langkah penanggulangan banjir dan longsor, mengutamakan penyelamatan korban dan membersihkan sisa tanah longsor yang memutus akses antar desa sehingga bantuan dapat tersalurkan.

Penegasan ini terkait bencana banjir dan longsor yang disebabkan hujan berintensitas tinggi dan tanah yang merekah akibat gempa, melanda Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, dan Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada Minggu (21/10/2018).

“Mendorong Komisi IV DPR meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk melakukan reboisasi terhadap lahan gundul dan tanah yang merekah akibat gempa, guna mengantisipasi bencana tanah longsor kembali terjadi,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Legislator dari Dapil VII Jateng ini menambahkan, bahwa pimpinan DPR melalui Komisi VII DPR meminta Badan Informasi Geospasial untuk melakukan pemetaan daerah rawan bencana dan daerah layak huni, sehingga masyarakat terdampak bencana di Sulawesi Tengah dapat migrasi ke daerah yang lebih aman.

“Mendorong Komisi V DPR meminta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk terus memperbarui informasi baik kondisi cuaca ataupun potensi bencana, dan menyampaikannya kepada masyarakat sehingga dapat masyarakat dapat mengantisipasi datangnya bencana,” tambahnya.

Ketua DPR juga mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar sungai dan perbukitan untuk sementara mengungsi ke daerah yang lebih aman dan mengikuti arahan dari petugas, mengingat intensitas hujan yang tinggi berpotensi menyebabkan longsor dan banjir bandang. []

116 total views, 6 views today

Popular

To Top