Ketua DPR Minta Segera Bangun Hunian Sementara di Lombok

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BREAKING NEWS)

Jakarta 17/9 (Asatunews.co.id) —- Sekitar 14 organisasi relawan penanganan bencana gempa di Lombok dan Sumbawa dari berbagai lembaga kemanusiaan mengatakan, pentingnya pemerintah membangun hunian sementara (huntara) bagi warga terdampak gempa.

Atas temuan di lapangan ini Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Komisi II DPR dan Komisi V DPR meminta Pemerintah Daerah (Pemda) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) untuk melakukan pendataan terhadap warga terdampak gempa yang masih tinggal di pos-pos pengungsian ataupun tenda darurat agar segera dilakukan pembangunan huntara bagi warga tersebut.

“Guna memberikan hunian yang lebih layak bagi para pengungsi, mengingat banyaknya masalah sosial yang terjadi dengan kondisi tenda darurat yang didiami lebih dari satu keluarga, khususnya pada kalangan perempuan yang tidak memiliki tempat khusus untuk mengganti pakaian,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Senin (17/9/2018).

Legislator Partai Golkar dari Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Kebumen, Banjarnegara dan Purbalingga ini juga mengungkapkan, pimpinan DPR mendorong Komisi II DPR dan Komisi V DPR meminta KemenPUPR bersama Pemda untuk segera melakukan upaya jangka panjang dengan membangun kembali rumah-rumah warga terdampak gempa, guna menata dan memulihkan kembali kehidupan para korban terdampak gempa.

“Mendorong Komisi VIII DPR meminta Kementerian Sosial (Kemensos) berkoordinasi dengan Pemda melalui Taruna Siaga Bencana (TAGANA) untuk terus memobilisasi pemberian dan penyaluran bantuan kemanusiaan agar kebutuhan para pengungsi dapat disalurkan tepat sasaran dan disesuaikan dengan kondisi yang ada, mengingat masih banyaknya kebutuhan para pengungsi baik dari obat-obatan ataupun kebutuhan lainnya,” demikian Ketua DPR. []

83 total views, 2 views today