Indo 24

Ketua DPR Dukung Wacana Pemda Investasi Dana Anggaran Kebencanaan

BIRO PEMBERITAAN DPR RI

Jakarta 30/10 (Asatunews.co.id) –Koordinator Lapangan Bidang Edukasi Kebencanaan Pulau Lombok Tim Universitas Indonesia Fatma Lestari menyampaikan wacana agar Pemerintah Daerah (Pemda) menginvestasikan dana anggaran untuk kebencanaan, guna mengurangi resiko kerugian infrastruktur serta dampak sosial dan psikologi warga akibat bencana.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendukung wacana tersebut dengan tetap mengacu kepada peraturan yang berlaku mengenai pengelolaan APBN/APBD untuk penanggulangan dana bencana mengingat selama ini pengaturan mengenai bencana masuk ke dalam urusan pilihan di Pemda.

“Oleh sebab itu, Pimpinan DPR akan mendorong Pemda untuk menjadikan urusan tersebut menjadi urusan wajib dikarenakan Indonesia rawan bencana seperti banjir, tanah longsor, gunung meletus, dan gempa-tsunami,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Senin (30/10/2018).

Mantan Ketua Komisi III DPR ini juga mendorong Pemda bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menetapkan mekanisme pengelolaan dan pemanfaatan dana anggaran untuk kebencanaan.

“Mendorong BPBD memberikan arahan ke masyarakat tentang mitigasi bencana, seperti mengetahui apa yang harus dilakukan dan dihindari serta mengetahui cara penyelamatan diri jika terjadi bencana,” demikian Ketua DPR. (**)

74 total views, 3 views today

Popular

To Top