Politik

Ketua DPR Dorong Partai Politik Perhatikan Keterwakilan Perempuan

Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN DPR RI)

Jakarta 8/11 (Asatunews.co.id) — Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong partai-partai politik untuk dapat memperhatikan keterwakilan perempuan sesuai dengan UU No.2 Tahun 2008 tentang Partai Politik agar target yang ditetapkan dapat tercapai.

Penegasan ini terkait perlunya peningkatan kesetaraan gender di Indonesia, baik di bidang politik maupun pemerintahan, mengingat semenjak pemilu 1999 hingga 2014, jumlah perempuan dalam lembaga legislatif bahkan belum mencapai angka 30 persen, padahal syarat keterwakilan perempuan sudah diatur dalam Undang-Undang No.2 Tahun 2008 tentang Partai Politik.

“Mengimbau kepada seluruh perempuan di Indonesia untuk tidak ragu dalam memperjuangkan aspirasi, baik melalui partai politik, parlemen, maupun di Pemerintahan, mengingat keterwakilan perempuan di partai politik, parlemen, maupun di Pemerintahan dapat memberikan peran pada perempuan untuk membuat kebijakan yang berkontribusi besar pada pencapaian hak-hak perempuan, khususnya kesetaraan gender,” kata Bamsoet dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Politisi Partai Golkar dari Dapil VII Jateng ini juga memberikan dorongan kepada Pemerintah untuk dapat meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), terutama bagi perempuan, agar dapat mencapai kesetaraan gender secara utuh di Indonesia, mengingat kesejahteraan dan kemajuan perempuan juga berkaitan dengan pembangunan dan peningkatan ekonomi di Indonesia.

“Pemerintah agar terus memberikan dukungan kepada perempuan dalam hal pendidikan, agar perempuan di Indonesia dapat terus menempuh pendidikan dan mengembangkan diri, baik secara formal maupun informal,” kata Bamsoet.

Ketua DPR juga meminta Pemerintah untuk memberikan pembinaan dan bimbingan kepada perempuan dalam mengubah mindset yang ada di masyarakat tentang kesetaraan gender dalam setiap pekerjaan. []

133 total views, 15 views today

Popular

To Top