Politik

Ketua DPR Dorong Kemendikbud Perbanyak Sekolah Kejuruan

BIRO PEMBERITAAN DPR RI

Jakarta 6/11 (Asatunews.co.id) — Terkait dengan tingkat pengangguran terbuka mencapai 7 juta orang per Agustus 2018 (berdasarkan data Badan Pusat Statistik/BPS), Ketua DPR RI Bambang Soesatyo
mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperbanyak sekolah kejuruan yang lulusannya siap kerja dan mengembangkan pendidikan vokasi berorientasi industri berbasis pada potensi lokal.

“Selain meminta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi tamatan sekolah kejurusan, dan bagi 7 juta orang pengangguran tersebut,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Politisi Partai Golkar dari Dapil VII Jateng ini juga memberikan dorongan kepada Kemenaker untuk meningkatkan sarana dan prasarana Balai Latihan Kerja (BLK) di seluruh provinsi di Indonesia serta memberikan kesempatan bagi masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan untuk mendapatkan pembekalan dan pelatihan, guna membuka peluang usaha yang sesuai dengan keahlian masing-masing.

“Mendorong Kemenkop-UKM memberikan penyuluhan, pelatihan, dan motivasi kepada orang yang menganggur untuk membuat usahanya sendiri, sehingga tidak bergantung atau mencari pekerjaan yang ada di pemerintahan ataupun swasta,” kata Bamsoet.

Selain juga mendorong Perbankan bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) untuk memberikan kemudahan pinjaman modal untuk membuka usaha baru.

“Mendorong Pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mempermudah proses penanaman modal, guna menarik investor baik dalam bidang infrastruktur, manufaktur dan sektor riil, sehingga dapat menampung dan mengurangi jumlah pengangguran,” demikian Ketua DPR. ()

92 total views, 3 views today

Popular

To Top