Politik

Ketua DPR Apresiasi Mensos Gerak Cepat Respon Aspirasi Publik

Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN DPR RI)

Jakarta 8/11 (Asatunews.co.id) — Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memberikan apresiasikepada Menteri Sosial RI yang langsung bergerak cepat merespon aspirasi publik. Ketua DPR juga berharap Kemensos bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Daerah (Pemda) terus menerus mendorong kepala daerah untuk mengusut laporan-laporan masyarakat dan memberikan sanksi jika terbukti adanya pelanggaran, serta meningkatkan pengawasan terhadap penyaluran bansos di lapangan.

Penegasan ini terkait banyaknya laporan ke Kementerian Sosial (Kemensos) mengenai masalah penyaluran bantuan sosial (bansos) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak sesuai peruntukkannya.

“Mendorong Kemensos untuk melakukan koordinasi dengan Kemendagri melalui Pemda (Dinas Sosial) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan pemerintahan tingkat kelurahan bersama RT dan RW, untuk melakukan pemutakhiran data secara berkala terhadap masyarakat penerima bansos yang dikategorikan miskin dan sesuai dengan kriteria penerima bansos, agar pelaksanaan bansos sesuai dengan prinsip 6T (tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, tepat harga, dan tepat administrasi),” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Politisi Partai Golkar dari Dapil VII Jateng ini juga memberikan dorongnya supaya Kemensos melaksanakan program bansos untuk menggunakan satu sistem basis data yang sama, sehingga pelaksanaan dari program bansos sesuai dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Mendorong Kemensos bersama instansi terkait untuk melakukan evaluasi penyaluran bantuan sosial agar penyaluran bantuan sosial di tahap selanjutnya dapat sesuai dengan prinsip 6T,” demikian Ketua DPR. []

100 total views, 9 views today

Popular

To Top