Jual-Beli Bayi Lewat Medsos, Ketua DPR Imbau Adopsi Anak Melalui Keputusan Hakim

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (INDONESIA RAYA)

Jakarta 11/10 (Asatunews.co.id) —Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan pimpinan DPR melalui Komisi III DPR meminta Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes Surabaya) untuk segera mengusut tuntas kasus penjualan bayi ilegal serta menindak tegas seluruh pihak-pihak yang terlibat sesuai Pasal 83 Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Penegasan Ketua DPR ini terkait ditangkapnya empat pelaku penjual, perantara, hingga pembeli bayi secara ilegal di Surabaya, Jawa Timur, melalui media sosial (instagram) dan hingga kini perantara penjual bayi lainnya masih dalam proses pencarian.

‘Mendorong pemerintah untuk segera mengentaskan kemiskinan dengan membuka lapangan pekerjaan, sehingga dapat meminimalisir dan mencegah terjadinya hal-hal yang dapat menguntungkan pihak-pihak tertentu namun tidak mengikuti aturan perundangan yang berlaku di Indonesia,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Mantan Ketua Komisi III DPR ini mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mengadopsi anak agar melalui prosedur keputusan hakim, mengingat penjual dan pembeli bayi atau anak-anak secara ilegal tetap akan diproses sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Undang Undang Nomor 21 Tahun 2007 Tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang. (**)

47 total views, 1 views today