17
Sen, Mei
302 New Articles

Penurunan Kasus Aktif Covid-19 Stagnan, Bamsoet Minta Pemerintah Beri Perhatian Khusus

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Indonesia 24 Jam
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 4/5-- Penurunan jumlah kasus aktif Covid-19 nasional terlihat stagnan di angka 100 ribu orang dalam sembilan hari terakhir. Sebelumnya, angka kasus aktif konsisten turun dengan cukup signifikan sejak Februari sampai akhir April dengan rekor tertinggi yang menyentuh 175 ribu orang.

Terkait hal itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjadikan informasi stagnannya penurunan jumlah kasus aktif Covid-19 sebagai perhatian khusus terutama terhadap penanggulangan ataupun penyebaran Covid-19, untuk itu diharapkan pemerintah dapat mengevaluasi upaya penanganan dan pengendalian kasus Covid-19 di tanah air maupun kebijakan pemerintah yang berlaku.

"Meminta komitmen pemerintah pusat dalam memperkuat upaya penanganan dan pengendalian kasus Covid-19, di daerah khususnya di daerah yang mengalami kenaikan kasus aktif dan kematian seperti yang terjadi di hampir seluruh provinsi Sumatera," kata Bamsoet di Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Ketua MPR juga meminta pemerintah daerah bersama Satgas Penanganan Covid-19 daerah untuk terus memantau kedisiplinan warga mematuhi protokol kesehatan, sekaligus membatasi mobilitas warga, khususnya pada masa jelang Lebaran dengan melakukan pengetatan wilayah yakni mengendalikan pergerakan warga antardaerah baik lintas provinsi maupun kabupaten/kota, guna mencegah terjadinya lonjakan kasus di berbagai wilayah pasca libur Lebaran 2021.

"Mengimbau masyarakat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan (prokes) dalam kondisi apapun, disamping ikut menyukseskan program larangan mudik dari pemerintah yang akan berimbas besar pada kondisi kasus Covid-19 nasional," pungkasnya. ****