17
Sen, Mei
303 New Articles

PPKM Dinilai Belum Efektif, Bamsoet: Gencarkan Operasi Yustisi dengan Pendekatan Humanis

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Hukum
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 26/1 --- Upaya menekan penularan Covid-19 melalui Pemberlakuan PembatasanKegiatan Masyarakat (PPKM) dinilai belum efektif, karena lemahnya pengawasan. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah pusat bersama pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 untuk meningkatkan pengawasan terhadap pekaksanaan PPKM, dengan mempertegas sikap terhadap pelanggar protokol kesehatan di ruang publik, sehingga kasus aktif dapat semakin ditekan dan dikendalikan secara optimal.

"Pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 agar meningkatkan kerjasama dengan aparat TNI-Polri dalam menggencarkan operasi yustisi dengan pendekatan yang humanis namun tegas, sekaligus mengendalikan mobilitas masyarakat khususnya pada saat akhir pekan," kata Bamsoet di Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Ketua MPR juga meminta pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 daerah dapat mengoptimalkan peran tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama, hingga Babinsa dan Babinkamtibnas untuk ikut mengawasi penerapan protokol kesehatan di lingkungan tempat tinggal, disamping terus mengedukasi masyarakat tentang kondisi persebaran Covid-19 yang makin tinggi, sehingga masyarakat dapat memahami, menumbuhkan kesadaran dan dapat secara patuh menaati kebijakan pemerintah yang berlaku.

"Meminta kepada seluruh pihak, baik dari kalangan pemerintah hingga masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen memutus rantai penyebaran Covid-19, mengingat hal tersebut membutuhkan dukungan dari semua pihak, baik dalam kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan maupun dalam menjaga kesehatan diri," pungkasnya. ***