Peringatan Hari Kelahiran Pancasila sebagai Bentuk Penghargaan atas Perjuangan Perumus Dasar Negara

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

MPR
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 31/5-- Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 menyebutkan agar pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Kelahiran Pancasila dan menjadikan peringatan tersebut sebagai bentuk penghargaan yang setinggi-tingginya atas perjuangan para perumus dasar negara yaitu Pancasila.

"Meminta agar dalam memperingati Hari Kelahiran Pancasila ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk bersama-sama membangun kembali rasa kebersamaan, rasa kegotongroyongan, optimisme rasa kebangsaan, dan semangat kerja produktif ditengah pandemi Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan menuju Indonesia lebih tangguh dan lebih maju," kata Bamsoet di Jakarta, Senin (31/5/2021).

Ketua MPR juga  meminta seluruh komponen bangsa agar dapat memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila sebagai "way of life" (pedoman hidup) bangsa terpelihara dengan baik.

"Meminta pemerintah dan pemangku kepentingan harus berperan dalam menanamkan pemahaman nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara kepada anak sejak usia dini, sehingga anak tidak mudah terpengaruh oleh ideologi ataupun aliran-aliran yang tidak jelas, dan tetap berpegangan pada nilai Pancasila," jelasnya.

Ketua DPR ke-20 ini juga mengapresiasi dan meminta pemerintah daerah yang menyelenggarakan sejumlah perlombaan dalam rangka peringatan hari kelahiran Pancasila, agar dalam pemberian penghargaan dan melakukan acara/lomba kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dapat melakukannya dengan menerapkan protokol kesehatan. ***