Rubrik Ekonomi

Upaya Hadapi Tantangan Transformasi Saat Pandemi, Bamsoet: Manfaatkan Teknologi untuk Mendapatkan Nilai Tambah

Bamsoet

Jakarta 16/9--- Indonesia menghadapi tantangan transformasi yaitu untuk keluar dari jebakan pendapatan menengah di tengah siklus pertumbuhan ekonomi yang masih tidak stabil. Ketua MPR RI Bambang Soesatyp mendorong Pemerintah agar memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan nilai tambah, agar dapat meningkatkan perekonomian di sektor riil, pertanian, dan industri, sebagai salah satu upaya menghadapi tantangan transformasi di tengah Covid-19.

 

"Pemerintah agar melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan produktivitas dalam rangka mendorong daya saing global seiring dengan peningkatan kebutuhan pasar domestik," kata Bamsoet di Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Ketua MPR juga mendorong Pemerintah mengoptimalkan tujuh kebijakan prioritas 2020-2023, yaitu kebijakan di sektor kesehatan, bantuan sosial (Bansos), padat karya, relaksasi aturan, restrukturisasi usaha menengah, kecil, dan mikro, penempatan dana dan penjaminan, serta transformasi berbasis digital.

 

"Pemerintah agar menerapkan langkah dan strategi untuk menghadapi perekonomian Indonesia di triwulan III-2020 yang diproyeksikan kembali terkontraksi, yaitu berkisar dari nol hingga minus 2,1 persen.," pungkasnya. ***