17
Sen, Mei
303 New Articles

Peredaran Diperkirakan Meningkat, Bamsoet: Lakukan Pengawasan dan Pencegahan Peredaran Uang Palsu

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Keuangan
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 3/5--- Peredaran uang palsu diprediksi meningkat menjelang Lebaran, serta sedikitnya diperjualbelikan melalui media sosial. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta aparat Kepolisian bekerja sama dengan Badan Koordinasi Pemberantasan Rupiah Palsu (Botasupal) untuk melakukan pengawasan dan pencegahan peredaran uang palsu yang marak terjadi jelang Lebaran, khususnya di tempat-tempat penukaran uang yang tidak resmi.

"Meminta Bank Indonesia (BI) untuk memperluas layanan drive-thru penukaran uang di seluruh wilayah, guna memudahkan masyarakat dalam melakukan penukaran uang, sekaligus mencegah terjadinya penipuan yang dilakukan oknum pengedar uang palsu," kata Bamsoet di Jakarta, Senin (3/5/2021).


Ketua MPR meminta BI untuk secara gencar menyosialisasikan pengenalan ciri-ciri uang asli melalui teknik 3D (Dilihat, Diraba dan Diterawang) baik melalui media cetak, siaran maupun media sosial. Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai uang yang secara resmi dikeluarkan oleh BI, sehingga masyarakat tidak mudah tertipu ketika melakukan penukaran uang.

"Mengimbau masyarakat agar memahami teknik 3D dan selalu waspada, teliti dan secara aktif melapor jika menemukan uang palsu dalam transaksi sehari-hari atau terkena penipuan saat melakukan penukaran uang, serta hanya melakukan penukaran uang di tempat-tempat penukaran uang resmi seperti Bank Indonesia, Bank Pemerintah maupun Bank Swasta," pungkas Bamsoet. ***.