Energi

Ignatius Jonan Jajal Motor Penjual BBM Pertamina

Ignatius Jonan KOMPAS

ASATUNEWS.CO.ID– Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menjajal motor penjual BBM Pertamina yang difungsikan untuk menyalurkan bahan bakar ketika terjadi kemacetan arus lalu lintas mudik Lebaran 2018.

“Satu motor dapat membawa 50 liter. Total yang disiapkan di jalur mudik Jawa dan Sumatera sekitar 200 motor untuk mengantisipasi kendaraan yang kehabisan BBM saat terjebak kemacetan arus lalu lintas,” ungkap Menteri ESDM Ignasius Jonan di Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

Pertamina telah menyiapkan 200 motor penjual BBM yang ditempatkan di sekitar daerah rawan kemacetan. Sebanyak 40 motor di antaranya melayani penjualan di jalur tol Jawa.

Menteri Jonan juga sempat mencoba motor penjual BBM. Pada motor tersebut terdapat 5 djeriken yang masing-masing dapat diisi 10 liter BBM.

Dalam rangka mengantisipasi permintaan BBM jenis premium, akan ada tambahan sebanyak 571 SPBU di Jawa Madura Bali (Jamali) yang akan menjual Premium.

“Sesuai arahan bapak Presiden, sebisa mungkin premium disediakan lebih merata. Jadi SPBU yang menjual premium akan meningkat dari sekitar 1.500 SPBU menjadi 2.000 lebih di Jamali. Satu hari satu SPBU bisa menyuuplai premiun 8.000 liter, itu cukup. Itu banyak lho,” katanya.

Jonan menambahkan tambahan sebanyak 571 SPBU yang menjual premium akan siap beroperasi bertahap paling lambat 6 Juni 2018.

SPBU di tol Cipali km 57A ini merupakan satu dari 7 titik fasilitas penyediaan BBM di jalur mudik Jakarta-Surabaya yang ditinjau Menteri Jonan pada hari Sabtu (2/6) dan Minggu ini. Sebelum SPBU tersebut, Jonan telah meninjau SPBU tol Cikampek km 57 dan Terminal BBM Cikampek.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Jonan didampingi oleh Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati beserta jajaran.

ANTARA

Popular

To Top