Golf

Format Playoff 28 Lubang AS Terbuka Diganti Agregat Dua Lubang

Jon Rahm, Pegolf asal Spanyol

ASATUNEWS.CO.ID– Format playoff 18-lubang AS Terbuka akan dihapus dan diganti agregat dua lubang, ungkap Asosiasi Golf AS (USGA) pada Senin (26/2/2018) waktu setempat, setelah ada seruan kepada tiga turnamen utama lainnya.

Perubahan yang juga berdampak kepada AS Putri Terbuka, AS Senior Terbuka dan AS Senior Putri Terbuka itu secara efektif segera diberlakukan di ajang pertandingan setelah 72 lubang permainan stroke play.

Jika beberapa pemain berada di posisi yang sama setelah playoff dua lubang, maka sesi lubang tambahan akan diberlakukan menjadi sudden death.

“Kami tahu bagaimana pentingnya ini bagi semua orang di dunia golf untuk melihat permainan pada kejuaraan utama Minggu dan penyerahan piala kepada sang juara,” kata ketua eksekutif USPGA Mike Davis.

“Setelah menerima masukan dari berbagai fihak termasuk para pemain, penggemar, relawan dan para petugas serta rekanan penyiaran kami, ini bisa diterima sebagai sesuatu yang bernilai bagi setiap orang dan akan menguntungkan,” katanya.

Format AS Terbuka yang terakhir diputuskan lewat sebuah playoff pada 2008 di Torrey Pines, dimana Tiger Woods dan Rocco Mediate mengakhiri permainan dengan sama kuat setelah lubang tambahan 18. Akhirnya Woods menang dalam sudden death lubang 19 untuk mengoleksi gelar terakhirnya yang ke-14.

Dalam sejarah 117 tahun itu, AS Terbuka pernah terjadi playoff dalam 33 pertandingan, dengan format 18-lubang dan 36-lubang.

Sementara itu turnamen Masters menghapus format playoff 18-lubang pada 1976 termasuk sudden death, setahun kemudian disusul oleh PGA Championship. British Open mengadopsi playoff empat lubang pada 1986, PGA Championship sejak itu mengubah menjadi agregat tiga lubang.

Davis mengatakan, tidak ada cara yang salah” untuk menentukan seorang pemenang dalam stroke play, dan merasa playoff dua lubang memungkinkan seorang pemain bisa memperbaiki sebuah pukulan yang buruk.

“Dua lubang akan memungkinkan seorang pemain bisa memperbaiki kesalahan tunggal, dan pada waktu yang sama bisa membuktikan keakuratan dan berharap ada drama pengalaman bagi semua yang terlibat,” tambah Davis.

Tahun ini AS Terbuka akan dimainkan mulai 14 – 17 Juni di Shinnecock Hills Golf Club di Southampton, New York.

ANTARA

3,152 total views, 9 views today

Popular

To Top