DPR Minta Kementerian ESDM Dorong Penggunaan Energi Baru Terbarukan

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (MERDEKA)

Jakarta 10/10 (Asatunews.co.id) — Laporan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyebutkan, bahwa dalam 12 tahun ke depan jika tidak ada upaya penekanan emisi, maka dapat berpotensi terjadinya kenaikan suhu bumi mencapai lebih dari 1,5 derajat celcius, dan dapat menyebabkan bencana alam ekstrem, ketahanan pangan, serta mengganggu kesehatan manusia.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, pimpinan DPR melalui Komisi VII DPR meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama instansi terkait agar berkomitmen dalam membuat kebijakan yang mampu menekan penggunaan batubara dan pemakaian minyak bumi, serta mendorong penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai upaya mitigasi dampak negatif dari perubahan iklim, sesuai dengan Undang-Undang No. 16 Tahun 2016 tentang Pengesahan Paris Agreement To The United Nations Framework Convention On Climate Change.

“Mendorong Komisi VII DPR meminta Kementerian ESDM untuk membuat regulasi yang dapat mempermudah investasi EBT di Indonesia, sehingga Indonesia mampu menarik investor baik dari dalam maupun luar negeri,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Rabu (10/10/2018). []

72 total views, 2 views today