DPR Minta Kemendikbud Jelaskan Kebenaran Pungli di Sejumlah Sekolah

Ketua DPR Bambang Soesatyo BERITA HATI

Jakarta 14/9 (Asatunews.co.id) — Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Komisi X DPR meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menjelaskan kebenaran adanya pungli di sejumlah sekolah negeri baik di Jakarta, Solok, dan Jember.

Penegasan Ketua DPR ini terkait dengan terungkapnya temuan adanya pungutan liar (pungli) yang diduga dilakukan sejumlah sekolah negeri di daerah tersebut.

“Mendorong Komisi III DPR dan Komisi X DPR meminta Kepolisian dan Kemendikbud melalui Dinas Pendidikan untuk menyelidiki dan mengungkap praktik-praktik pungli yang selama ini terjadi, serta menindak tegas oknum-oknum yang terbukti melakukan pungli berdasarkan investigasi Kemendikbud dan Dinas Pendidikan di daerah,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini juga mendorong Komisi X DPR meminta Kemendikbud dan Dinas Pendidikan di daerah untuk mengevaluasi seluruh pegawai baik dari sisi kinerja maupun dari sisi kedisiplinan.

“Mengimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam memberikan informasi jika terjadi tindakan pungli di sekolah-sekolah dengan cara melaporkan ke aparat keamanan apabila adanya praktik pungli di sekolah,” demikian Ketua DPR. []

273 total views, 12 views today