DPR Dorong Pengembangan Perpustakaan Sekolah Ramah Anak

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo/PIKIRAN RAKYAT

Jakarta 20/9 (Asatunews.co.id) — Literasi di Indonesia bagian timur minim berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Bahwa Sekolah Dasar (SD) di lima provinsi yaitu Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat, terdata ada 11.746 SD, namun hanya 6.410 SD yang memiliki perpustakaan.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, pimpinan DPR mendorong Komisi X DPR meminta Kemendikbud melalui Dinas Pendidikan untuk menyediakan dan mengembangkan perpustakaan sekolah yang ramah anak, seperti menciptakan perpustakaan dengan desain yang menarik dan beragam buku bacaan yang sesuai kemampuan membaca anak, sehingga dapat menarik siswa untuk membaca.

“Mendorong Komisi X DPR meminta Kemendikbud melalui Dinas Pendidikan untuk meningkatkan gerakan literasi sekolah dengan membudayakan membaca dan menulis,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini juga mengungkapkan, pimpinan DPR mendorong Komisi X DPR meminta Kemendikbud melalui Dinas Pendidikan untuk melibatkan para guru dan orangtua dalam mengajak anak-anak untuk membaca buku, dengan melakukan kegiatan gemar ke perpustakaan. []

58 total views, 2 views today