DPR Dorong Kementerian PUPR-Dirjen Bina Marga Kaji Kemacetan Pintu Tol

Ketua DPR Bambang Soesatyo MANADO TRIBUNNEWS

ASATUNEWS.CO.ID — Terkait dengan antisipasi persiapan menjelang mudik Lebaran, Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi V DPR mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memanggil Dirjen Bina Marga guna membuat kajian terkait kemacetan lalu lintas di pintu tol yang tidak pernah selesai sampai saat ini, bersama dengan PT Jasa Marga, mengingat pernah adanya korban jiwa akibat kemacetan di pintu tol Brebes Timur tahun 2016.

“Meminta Komisi III DPR mendorong Kapolri agar memantau jalur mudik dan melakukan kajian untuk merekayasa lalu lintas di jalur alternatif dan tol, serta menempatkan aparat intelijen kepolisian untuk secara ketat memantau situasi keamanan di rest area dan di tempat-tempat keramaian, guna mengantisipasi kejahatan terorisme,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Politisi Partai Golkar ini meminta Komisi V DPR mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memantau transportasi darat, laut, dan udara, agar sesuai dengan Standar Operasional (SOP) yang berlaku, serta memastikan zero accident dalam semua jenis layanan transportasi, baik darat, laut, dan udara.

“Meminta Komisi V DPR mendorong Kemenhub untuk memastikan keamanan dan faktor safety penerbangan dan jalur lalu lintas penerbangan, serta traffic penerbangan (air traffic control/ATC) dan landasan pacu di bandara yang sudah sesuai dengan standar International Civil Aviation Organization (ICAO),” kata Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR ini Meminta Komisi V DPR mendorong Kemenhub untuk memastikan rasa aman mudik lebaran melalui sungai dan laut (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan/ASDP). (**)

424 total views, 1 views today