DPR Dorong Kemenlu Memprotes Kegiatan LSM Asing

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo DETIKRIAU

Jakarta 8/10 (Asatunews.co.id) — Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, pimpinan DPR melalui Komisi I DPR meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menjelaskan ketidakbenaran kampanye hitam yang dilakukan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) asing, soal perkelapasawitan di Indonesia.

Penegasan Ketua DPR ini terkait dengan kampanye hitam sawit yang dilakukan oleh sejumlah LSM asing yang belum terdaftar, dan tidak melaporkan kegiatannya kepada Pemerintah Indonesia yang dapat mengakibatkan kerugian ekonomi dan investasi nasional.

“Pimpinan DPR mendorong Komisi IV DPR untuk mendukung Kementerian Pertanian (Kementan) dalam melakukan perbaikan tata kelola kebun kelapa sawit dan memberikan sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) kepada perusahaan-perusahaan produksi kelapa sawit Indonesia,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Senin (8/10/2018).

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen ini juga mengungkapkan, pimpinan DPR melalui Komisi IX DPR meminta Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) untuk mengaudit sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di perusahaan ataupun perkebunan kelapa sawit untuk menertibkan tenaga kerja di bawah umur yang bekerja di perusahaan ataupun di perkebunan.

“Mendorong Komisi IV DPR meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Kementan menjelaskan bahwa dalam pembukaan lahan pertanian dan perkebunan agar sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia,” demikian Ketua DPR. []

74 total views, 1 views today