Cegah Meluasnya Malaria dan Bagikan Kelambu Nyamuk untuk Pengungsi

Ketua DPR Bambang Soesatyo (BREAKINGNEWS)

Jakarta 19/9 (Asatunews.co.id) — Merebaknya virus dan penyakit malaria di posko penampungan korban gempa Lombok, tercatat sudah ada 137 pengungsi yang dinyatakan positif terinfeksi malaria, mendapat respon dari Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Dalam pernyataan di Jakarta, Rabu (19/9), Bamsoet menyatakan pimpinan DPR mendorong Komisi IX DPR meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk segera merawat warga penampungan yang terjangkit penyakit malaria.

“Selain juga menyiapkan stok obat malaria serta melakukan tindakan pencegahan dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai gaya hidup bersih dan sehat, mengambil sampel darah untuk mencegah meluasnya virus malaria, dan mendistribusikan kelambu nyamuk bagi para pengungsi,” kata Bamsoet.

Legislator Partai Golkar dari Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Kebumen, Banjarnegara dan Purbalingga ini, juga menyatakan, pimpinan DPR mendorong Komisi II DPR dan Komisi IX DPR meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Daerah (Pemda) serta Kemenkes melakukan pemetaan lokasi dan fogging/pengasapan nyamuk, terutama di sejumlah titik yang sudah terjangkit penyakit malaria;

“Mendorong Komisi II DPR dan Komisi VIII DPR meminta Kemendagri melalui Pemda dan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk menyalurkan dana yang dibutuhkan untuk mengobati dan mencegah penyebaran penyakit malaria,” kata Bamsoet.

Ketua DPR juga mengimbau masyarakat setempat untuk turut berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan guna mencegah munculnya penyakit dan sarang nyamuk. []

93 total views, 2 views today