Belasan Pembalak Liar Tertangkap, DPR: Lipatgandakan Pengawasan Kawasan Hutan

Ketua DPR Bambang Soesatyo (iNEWS)

Jakarta 12/10 (Asatunews.co.id) — Terkait dengan tertangkapnya sembilan belas pembalak liar di hutan Desa Segamai-Serapung, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan, pimpinan DPR melalui Komisi IV DPR meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Satgas Karhutla untuk meningkatkan pengawasan terhadap kawasan perhutanan, baik melalui darat, laut, dan udara.

“Mendorong Komisi III DPR meminta Polri dan Satgas Karhutla untuk mengusut dan menindak tegas pelaku pembalakan liar,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Mantan Ketua Komisi III DPR ini juga mengungkapkan, pimpinan DPR mendorong Komisi III DPR meminta Lembaga Peradilan untuk segera mengeksekusi kasus pembalakan maupun pembakaran hutan dan lahan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, guna memberikan efek jera bagi pelaku pembalak dan pembakaran hutan dan lahan.

“Mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif untuk mengawasi hutan desa dengan melaporkan kepada aparat berwenang apabila menemukan tindakan pembalakan liar dan kerusakan hutan desa,” demikian Ketua DPR. []

81 total views, 2 views today