Industri

Alat Mekanis Multiguna Pedesaan Andalan Menperin

Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes)

ASATUNEWS.CO.ID—Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto membanggakan kendaraan pedesaan atau Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang turut mejeng di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga mendampingi Jokowi mengunjungi /booth/ AMMDes yang terletak di Hall B3 Jakarta International Expo, Kemayoran.

“Pada pameran ini, kami juga mempertontonkan jenis kendaraan baru yaitu AMMDes. Dan ini 100 persen desain dan menggunakan komponen dari dalam negeri,” kata Airlangga pada pembukaan IIMS 2018 yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (19/04/2018).

Menperin menyampaikan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, AMMDes terus melakukan persiapan, baik dari tahap manufaktur, penjualan, hingga purna jualnya.

AMMDes dirancang dengan dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan dan mobilisasi hasil-hasil pertanian, juga dapat dipadukan dengan berbagai alat pengolahan pasca-panen maupun peralatan lainnya.

Dengan fungsinya yang multiguna, AMMDes cocok dijadikan sebagai sarana pendukung dalam mewujudkan program Pengembangan pedesaan dan pertanian.

“Dan saat ini sedang disiapkan laik jalannya di Kementerian Perhubungan, sehingga penjualan dan /after sales/ nya bisa jalan,” kata Airlangga.

Pemerintah menjanjikan mobil desa bakal dijual murah, atau paling tidak harganya di bawah Rp70 juta. Kendaraan itu pun ditargetkan akan segera meluncur.

“Paket penjualannya di bawah Rp70 juta,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Kemayoran, Jakarta Pusat.

AMMDes merupakan inisiasi PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI), yang merupakan anak perusahaan dari PT Astra Otoparts Tbk bersama PT Kiat Inovasi Indonesia (KII). []

ANTARA

631 total views, 18 views today

Popular

To Top