Indo 24

Agar Bantuan Tersalurkan, DPR: Segera Perbaiki Akses Jalan

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (DETIK)

Jakarta 22/10 (Asatunews.co.id) — Terkait masih ada daerah di Pasaman Barat, Sumatera Barat, yang masih belum terjangkau oleh bantuan karena akses jalan putus dan beberapa nagari menjadi terisolasi, setelah beberapa waktu lalu wilayah tersebut terkena banjir bandang, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo melalui Komisi V DPR meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera memperbaiki akses jalan tersebut, sehingga bantuan dapat segera disalurkan kepada masyarakat terdampak banjir bandang tersebut.

“Mendorong Komisi VIII DPR meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPN) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera melakukan kalkulasi terhadap kerugian yang dialami akibat bencana banjir bandang, mengingat banyak bangunan, akses jalan, dan fasilitas publik yang rusak,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Legislator dari Dapil VII Jateng ini juga menyebutkan, pimpinan DPR melalui Komisi IV DPR meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk melakukan antisipasi terjadinya kembali bencana banjir bandang dengan melakukan reboisasi pada daerah-daerah dengan lahan yang gundul terutama daerah yang dilewati oleh sungai-sungai.

“Mendorong Komisi V DPR meminta Kementerian PUPR untuk membuat perencanaan sebagai bentuk antisipasi jika bencana banjir bandang atau longsor terjadi kembali, sehingga jika terjadi putusnya akses jalan dan peristiwa lainnya, tidak menjadi hambatan bagi penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak bencana,” jelasnya.

Ketua DPR juga mengungkapkan, pimpinan DPR mendorong Komisi IV DPR meminta KLHK melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan hutan, sebagai upaya pencegahan terjadinya bencana banjir dan longsor. []

124 total views, 6 views today

Popular

To Top