OTOMOTIF

Rolls-Royce Cullinan, SUV Termewah di Dunia

Rolls-Royce Cullinan, Bergelar SUV Termewah di Dunia

ASATUNEWS.CO.ID—Setelah tiga tahun Rolls-Royce mengumumkan SUV pertama mereka, Rolls-Royce Cullinan resmi meluncur, menyandang gelar sebagai SUV termewah di dunia. Sesuai namanya, Cullinan, terinspirasi dari potongan berlian terbesar yang pernah ditemukan di planet ini.

Targetnya tentu saja konsumen kaya raya yang mencari kendaraan berutilitas tinggi, sekaligus kencang, praktis dan ultramewah. Tepatnya ingin menarik minat pribadi muda, yang sangat sukses dan masuk dalam strata ekonomi tertinggi.

Rolls-Royce lebih mendeskripsikan sebagai mobil mewah berbodi tinggi untuk segala permukaan jalan. Tidak serta merta menyebutnya sebagai SUV, karena memang bukan keahlian pabrikan Britania Raya ini. Kemewahannya tetap berpatokan pada model RR lain seperti Phantom dan Ghost.

Desain Cullinan tipikal SUV pada umumnya, namun tidak bagi Rolls-Royce. Inilah RR pertama dengan buritan model hatch dan diberi nama Clasp. Di dalamnya, bukan semata bagasi, melainkan bisa menjadi ruang tambahan untuk penumpang. Dengan kata lain, Rolls-Royce Cullinan punya kursi baris ketiga yang dapat terlipat secara elektrik. Saat kursi terbuka, masih tersedia ruang kargo 560 liter. Bila dilipat, meningkat jadi 1.930 liter.

Tempat terbaik tentu saja kursi baris kedua. Bak singgasana raja, ditawarkan dalam dua konfigurasi berbeda. Layout Lounge Seat memberi ruang untuk penumpang ketiga dengan menyisakan satu kursi yang dapat terlipat bila tidak dibutuhkan. Konfigurasi Individual Seat lebih menawarkan kemewahan personal dengan dua kursi terpisah. Ditengahi konsol besar yang terdapat cabinet untuk menaruh gelas, botol whisky serta kulkas.

Jok pengemudinya juga luar biasa mewah, meski lebih diperuntukkan untuk chauffeur Anda. Ada fitur pemanas dan ventilasi untuk memastikan pengemudi duduk dalam kondisi paling sempurna. Layout dasbor sesuai karakter RR dengan banyak pilihan kustomisasi. Yang pasti terlihat tinggi dalam bidang besar, sangat mencirikan sebuah SUV. Di tengahnya terdapat monitor layar sentuh dan panel instrumen digital generasi terbaru. Sistem hiburan dapat diatur melalui kenop putar yang dikenal sebagai Spirit of Ecstasy.

Cullinan juga dianggap sebagai SUV paling mutakhir di kelasnya. Perlengkapan standar termasuk sistem night vision, empat kamera untuk menghasilkan pandangan panoramic, visibilitas segala penjuru dan helicopter view. Termasuk juga collision warning, cross-traffic warning, lane departure dan lane change warning, WiFi hotspot dan masih banyak yang lain. Tersedia 5 USB port untuk mengisi daya gadget, sedangkan untuk smartphone bisa melalui metode pengecasan nirkabel di kabin depan.

SUV pertama Rolls-Royce berbasiskan platform baru yang disebut Architecture of Luxury, yang juga dipakai oleh Phantom generasi terbaru. Rancangan konstruksi suspensi dan mesin punya satu tujuan, menciptakan kualitas berkendara seperti karpet terbang di segala permukaan jalan.

Kuncinya ada di self-levelling air suspension yang merupakan pengembangan terbaru pabrikan ini. Mempunyai jutaan kalkulasi untuk beradaptasi setiap detik terhadap permukaan jalan. Bantalan suspensi berisi udara lebih besar dan menampung lebih banyak udara. Lalu format sumbu roda depan juga didesain ulang, agar tetap nyaman meski memakai pelek berukuran 22-inci.

Tenaga besar berasal dari mesin V12 biturbo 6,75-liter yang sudah dikenal. Mengalami revisi juga, sehingga menghasilkan daya sebesar 563 hp dan torsi sedahsyat 850 Nm. Semuanya tersalur menuju ke empat roda. Dengan bobot mencapai 2,6 ton, Cullinan sanggup berlari 250 km/jam (dibatasi). Harga untuk pasar Amerika Serikat, mulai dari $325.000 atau setara Rp 4,5 miliar. []

OTO.COM

Popular

To Top