Indo 24

Pemeliharaan Infrastruktur Bengkak DPR Dorong Kemenhub Gencar Sosialisasi

Ketua DPR Bambang Soesatyo RAKYATKU

Jakarta 19/7 (Asatunews.co.id)– Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi V DPR mendorong Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kemenhub bersama dengan stakeholder terkait, baik pemerintah maupun swasta, untuk secara gencar melakukan sosialisasi kepada para pelaku usaha agar tidak membawa muatan barang yang melebihi kapasitas di jalanan khususnya di jalan tol.

Respon Ketua DPR ini terkait catatan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa dari bulan Januari sampai dengan Mei 2018 sebanyak 1.263 truk bermuatan lebih/over dimension over loading (ODOL) yang masih melintas di jalur tol dan berdampak pada bengkaknya biaya pemeliharaan infrastruktur yang mencapai Rp43 triliun setiap tahun.

“Meminta Komisi V DPR mendorong Ditjen Hubdat Kemenhub mendesak Dinas Lalu Lintas Jalan Raya (DLLAJR) untuk mengefektifkan jembatan timbang bagi kendaraan yang bermuatan seperti truk serta melakukan penertiban kepada truk pelanggar muatan berlebih dengan memberikan sanksi tegas secara langsung sebagai bentuk penegakan hukum di jalan raya, mengingat masih banyak ditemukannya kendaraan yang tidak taat aturan meski penertiban sudah dilakukan berkali-kali,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Politisi Partai Golkar ini juga meminta Komisi V DPR mendorong Ditjen Hubdat Kemenhub mendesak petugas untuk melakukan patroli di sepanjang jalan tol agar meminimalisir keberadaan truk-truk ODOL di jalan, dan petugas dapat terus memantau dan memastikan pengoperasian jalan tol dengan baik serta sesuai dengan standar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Mengimbau kepada para pelaku usaha/transportasi untuk dapat menaati peraturan yang berlaku di jalan dan selalu memperhatikan ketentuan muatan di dalam truk masing-masing sehingga tidak menyebabkan kerusakan jalan terutama jalan tol serta tidak menimbulkan resiko terhadap keselamatan di jalanan dan orang lain,” demikian Ketua DPR. (**)

345 total views, 3 views today

To Top