Mensos Wisuda Desa Sejahtera Mandiri

Menteri Sosial Idrus Marham mewisuda delapan desa di Provinsi Jawa Barat, sebagai Desa Sejahtera Mandiri (DSM).

Bandung 12/7 (Asatunews.co.id)—Menteri Sosial Idrus Marham mewisuda delapan desa di Provinsi Jawa Barat, sebagai Desa Sejahtera Mandiri (DSM). Delapan desa tersebut adalah Desa Ciburial, Margamukti, Maruyung, Cibiru Wetan, Rawabogo, Cihampelas, Sukaratu, dan Gede Pangrango. Tersebar di empat kabupaten yakni Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Cianjur dan Sukabumi. Prosesi wisuda dilaksanakan di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan Kabupatan Bandung.

Mensos mengapresiasi pelaksanaan Program DSM sebagai langkah terobosan penanggulangan kemiskinan. Selain di Jawa Barat, Mensos mendorong agar program ini difokuskan juga di wilayah perbatasan negara sebagai garda depan pertahanan negara. “Kami akan fokus mengembangkan DSM ini pada wilayah perbatasan. Dari 41 kabupaten/kota yang memilki perbatasan, mereka akan menentukan desa mana saja, dan apa saja potensi yang bisa dikembangkan sehingga mereka bisa sejahtera,” kata Menteri Sosial Idrus Marham.

Delapan DSM yang hari ini diwisuda merupakan binaan dari Sekolah Tinggi Kesejahteaan Sosial (STKS). Pembinaan DSM dilakukan STKS melalui praktikum mahasiswa (KKN Tematik) baik Praktikum III Mahasiswa Program Sarjana Terapan maupun mahasiswa Pascasarjana Spesialis I Pekerjaan Sosial.

Prosesi wisuda ini merupakan simbol peneguhan bahwa desa-desa tersebut memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi warganya, memenuhi hak dasar bagi warganya, melindungi warganya dari berbagai resiko sosial dan ekonomi yang dirasakan, memelihara kearifan lokal, mengendalikan konflik sosial yang terjadi di lingkungannya serta menjadi bantalan sosial bagi warganya yang mengalami berbagai masalah kesejahteraan sosial yang dilandasi oleh potensi dan sumber yang dimiliki. [ ]

KEMSOS

185 total views, 1 views today