17
Min, Jan
151 New Articles

Legislator Dewi Aryani: Keppres 12/2020 Perkuat Kewenangan Doni Monardo

Dewi Aryani (BBCO)

Parlementaria
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 13/4--   Anggota Komisi IX (Bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan) DPR RI Dewi Aryani menyatakan Keppres Nomor 12 Tahun 2020 memperkuat kewenangan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid- 19 Letjen TNI Doni Monardo, dalam menangani wabah ini di seluruh Indonesia.

"Dalam Keppres 12/2020 tertanggal 13 April 2020 dengan tegas menyatakan bahwa pelaksanaannya oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19," kata Dewi Aryani di Jakarta, Senin (13/4/2020).


Dalam Keppres tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Bencana Nasional juga ditegaskan pula bahwa pelaksanaannya sesuai dengan Keppres Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sebagaimana telah diubah dengan Keppres Nomor 9 Tahun 2020, melalui sinergi antarkementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Dewi Aryani yang juga politikus PDI Perjuangan memandang perlu memangkas ego sektoral kementerian dalam menghadapi situasi terkait dengan virus corona, kemudian Pemerintah memberi kewenangan penuh kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menangani pandemi virus corona di seluruh Indonesia.

Menurut Dewi, Keppres itu merupakan jawaban atas keinginannya agar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menentukan langkah sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan demikian, tidak ada lagi kementerian yang jalan bikin aturan sendiri.

"Semua harus terkoordinasi secara menyeluruh," kata wakil rakyat asal Daerah Pemilihan Jawa Tengah IX (Kabupaten/Kota Tegal dan Kabupaten Brebes) ini.


Dalam Keppres No. 9/2020, Pasal 13 A, disebutkan bahwa dalam rangka percepatan impor barang yang digunakan untuk penanganan Covid-19, pimpinan kementerian/lembaga memberikan mandat pemberian pengecualian perizinan tata niaga impor kepada Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. ***