Alex Noerdin Cup 2019 Tak Ada Pretensi Apa-apa, Murni Olahraga

Alex Noerdin akan menghadirkan pesepakbole Ronaldinho di Stadion Jakabaring (RT)

Sepakbola
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 28/11 — Gubernur Sumatera Selatan dua periode (2008 – 2018), Alex Noerdin menggelar Alex Noerdin Cup, yang puncaknya menghadirkan The King of Dribbling (Raja Dribbling) Ronaldinho pada 30 Maret-1 April 2019.


“Tujuannya murni untuk pembinaan sepakbola, tidak ada pretensi lain tapi untuk murni pembinaan,” kata Alex Noerdin di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Wakil Ketua PB PRSI (2005-sekarang) ini mengakui, ia bukan yang menyukai sepakbola, tapi memiliki kepedulian pada olahraga yang menghibur dan disukai masyarakat ini. “Saya punya pengalaman semasa jadi Bupati Musi Banyuasin. Waktu itu, saya mengundang eks pemain Manchester United, untuk melatih 20 anak-anak Musi Banyuasin, berumur 10-12 tahun yang menurut dia punya talenta bermain sepakbola,” jelasnya.

Yang menarik, pelatih eks pemain Manchester United itu dalam tiga bulan pertama sama sekali tidak mengajari anak-anak bermain sepakbola. “Tapi, melakukan perbaikan gizi. Baru pada bulan keempat dan keenam dilatih dengan baik, mereka dibiayai, disekolahkan, dan diasramakan. Terus, ketika mengikuti kejuaraan tingkat nasional, tampil sebagai juara dua,” kenang Alex.

Jadi, tambahnya, Ketua Bidang Dana PB PABSI (2006-2011) ini merasa yakin anak-anak yang punya talenta jika dibina dan difasilitasi bakal menjadi pemain-pemain hebat, dengan kesebelasan yang hebat pula.

Soal tujuan diselenggarakannya Alex Noerdin Cup, Alex menjelaskan, “Saya punya keingin, mengambil anak-anak yang punya talenta di seluruh kabupaten di Sumsel, jumlahnya mencapai 5.000 orang. Kemudian disaring menjadi 50 anak. Kemudian nanti ditandingkan dengan tim lokal, pemainnya juga dipilih, lalu mendapatkan coaching clinic di Jakanbaring. Kemudian pada bulan Maret melawan Indonesia All Star yang ditambah Ronaldino d Jakabaring. Lalu Ronaldino memberikan coaching clinic satu jam saja.”

Alex berkeyakinan, dimulainya di Sumsel, ” Insya Allah bisa diikuti daerah-daerah lainnya. Untuk di Sumsel bakal berlangsung secara berkesinambungan.”

Dipastikan Datang

Sebelumnya Ketua Umum Badan Sepakbola Rakyat Indonesia (BASRI) Eddy Sofyan, sebagai penyelenggara Alex Noerdin Cup memastikan kehadiran
Ronaldihno Assis de Moreira, untuk merumput di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

“Komunikasi saya semalam dengan Ronaldinho dan manajemennya, Sang Mega Bintang Brasil itu sangat tertarik dan antusias untuk datang ke Indonesia,” katanya.

Selama tiga hari di Palembang (30 Maret-1 April 2019), Ronaldinho akan melakukan kegiatan coaching clinic bersama 50 anak-anak SSB dan SD usia 12-14 tahun se-Sumatera Selatan. Anak-anak ini terpilih melalui seleksi.

“Ronaldinho juga akan melakukan kegiatan kunjungan ke Panti Sosial atau Rumah Sakit. Dia sangat antusias dengan kegiatan sosial. Kita sudah siapkan semuanya, apalagi kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” jelas Eddy Sofyan.

Memegang paspor Brasil dan Spanyol, Ronaldinho saat ini menjadi duta klun raksasa Barcelona. Pesepakbola kelahiran 1980 itu, membawa Brasil menjadi juara dunia 2002, Copa America 1999, Piala Konfederasi FIFA 2005, dan membawa Barcelona juara La Liga 2004 dan 2005, Piala Champions 2006, dan juara Serie A 2010 bersama AC Milan. ***