Bamsoet dan Wapres Ma’ruf Amin Raih Penghargaan dari Obsession Awards 2020, Bamsoet: Cambuk untuk Terus Gelorakan Semangat Kebangsaan Melalui Empat Pilar MPR RI

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Sosok
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 3/12 - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menerima penghargaan di Ajang Obsession Awards 2020. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dinobatkan sebagai Best Institution Leader setelah sebelumnya pada tahun 2019 lalu memperoleh Best Parliamentarians. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk rasa bangga terhadap prestasi dan dedikasi anak bangsa, yang telah ditorehkan hingga menjadikan bangsa ini dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain di kancah Internasional.

"Penghargaan Best Institution Leader memotivasi saya untuk terus semangat membumikan nilai-nilai kebangsaan melalui Empat Pilar MPR RI ke seluruh penjuru tanah air," ujar Bamsoet usai menerima tropy Best Institution Leader dalam acara Obsession Awards 2020 yang dilakukan secara virtual di Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Obsession Awards 2020 merupakan sebuah acara penghargaan yang diberikan kepada kepala lembaga negara, kepala pemerintahan daerah maupun individu non pemerintahan atas dedikasi dan prestasinya yang dinilai gemilang. Para penerima penghargaan di acara ini adalah tokoh-tokoh inspiratif dari berbagai latar belakang yang mengukir prestasi membanggakan sepanjang 2020.

"Best Institution Leader diberikan kepada Bambang Soesatyo karena rekam jejak dan kualitasnya yang sangat baik selama menjadi anggota DPR RI, dari Ketua Komisi III DPR RI hingga dipercaya menjadi Ketua DPR RI dan kini sebagai Ketua MPR RI. Beliau memiliki sifat terbuka dan bersahaja, sehingga mudah diterima oleh berbagai pihak," ujar Chairman Obsession Media Group (OMG) Usamah Hisyam.

Tak hanya itu, OMG juga menilai selama satu tahun kepemimpinan Bamsoet di MPR RI, sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang terdiri dari Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sangat masif dilakukan kepada seluruh elemen bangsa. Tak hanya melalui pertemuan ataupun diskusi, sosialisasi Empat Pilar MPR RI juga dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti tweeter, Facebook, Instagram bahkan tak segan-segan untuk menjangkau kalangan seleb dan Milenial, Bamsoet menjadi YouTuber dan host di acara podcast yang lagi trend di jagat maya, yakni ‘Ngobras Sampai Ngompol’ (Ngobrol Asyik sampai Ngomong Politik) di kanal YouTube Bamsoet Channel.

"Terobosan melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI melalui media sosial patut diapresiasi. Di era industri 4.0 seperti sekarang ini menyampaikan nilai-nilai kebangsaan kepada generasi milenial melalui media sosial merupakan cara yang sangat efektif," kata Usamah.

Sementara itu, Wapres RI K.H. Ma'ruf Amin yang juga menerima penghargaan bersama Bamsoet, mengapresiasi ajang Obsession Awards 2020. Wapres berharap pemberian penghargaan Obsession Awards 2020 dapat memotivasi tokoh dan anak bangsa lainnya untuk membangun negeri dari keterpurukan akibat dampak yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19.

“Saya berharap kepada para penerima Obsession Award 2020 untuk dapat membangun negeri dan menyumbangkan inisiatif serta kepiawaiannya, dalam membantu upaya pemerintah mengatasi wabah Covid-19 dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkannya. Dalam situasi sulit yang dihadapi bangsa ini, solidaritas dan semangat gotong royong menjadi kunci yang akan menginspirasi dan meningkatkan semangat juang kita semua untuk terus memberikan yang terbaik bagi kemajuan Indonesia,” urai Ma’ruf.

Sebelum penghargaan Best Institution Leader, Bamsoet juga telah mendapatkan berbagai penghargaan lain. Antara lain Adhi Karya Award (1995); Top Eksekutif Indonesia (1996); PWI News Maker Award (2010); The Best & The Next Legislator Award (2014); 10 Tokoh Politik dengan Branding Otentik dari Polaris Data and Story Lab (2018); Anugerah Pers Jawa Tengah dari Suara Merdeka Network (2018); Best Communicators dari majalah PR Indonesia (2018); Golden Democracy Award dari Rakyat Merdeka Online (2018).

Ada pula penghargaan The Best and The Next Legislator Award (2019); Parliament of The Year dari Teropong Senayan (2019); Best Parliamentarians dari Obsession Media Group (2019); IJTI Jawa Tengah Award dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Jawa Tengah (2019); Democracy Award dari Moeslim Choice Media Networks (2019); Indonesia Digital Initiative Awards dari Diksi Digital Indonesia, Maven Digital Asia dan Circle Communication (2019); Parliament of The Year 2020 dari Teropong Senayan (2020), serta Rising Star of Democracy dari Teropong Senayan (2020).

Bamsoet juga mengoleksi berbagai rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), antara lain Penyelenggara Turnamen Catur dengan Peserta Master Terbanyak di Dunia (2019); Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kejuaraan Tembak Nasional Legislator Championship dengan Penembak Terbanyak (2020); dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada Anggota Komunitas Motor Terbanyak (2020). ***