21
Sen, Okt
107 New Articles

Ketua DPR Dorong Pendataan Secara Riil Kebutuhan Blangko KTP-El

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN DPR RI)

Indonesia 24 Jam
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 29/1-- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyinggung soal blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-El) yang hingga kini masih menjadi persoalan serius di sejumlah daerah Indonesia, seperti yang dialami oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengenai alokasi blangko KTP-El dari pusat yang jauh jumlahnya dari kebutuhan masyarakat di Karawang, Jawa Barat. Untuk itu, Bamsoet mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan pendataan secara riil kepada Disdukcapil setiap daerah mengenai kebutuhan blangko KTP-El, agar kebutuhan blangko KTP-El dapat didistribusikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di setiap daerah.


"Kemendagri agar  melakukan optimalisasi kinerja dalam memperbaiki sistem, pendistribusian, ataupun sarana dan prasarana perekaman KTP-El, agar perekaman KTP-El di seluruh wilayah Indonesia dapat berjalan sesuai target yang telah ditetapkan," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Ketua DPR juga mendorong Disdukcapil untuk segera melakukan perekaman data terhadap pemilih pemula dan masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP-El, agar mereka dapat menggunakan hak suaranya dalam Pemilu di bulan April 2019 mendatang. ****