Ketua DPR Dorong Penyuluhan Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (NET)

Indonesia 24 Jam
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 11/1 -- Kesiapan masyarakat  yang tinggal di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil masih minim. Padahal, mereka rentan terdampak akibat perubahan iklim.
 

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, pimpinan DPR mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama-sama melaksanakan Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN-API), dengan memberikan penyuluhan mengenai adaptasi dan mitigasi kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, agar dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) setempat terhadap perubahan iklim.

"Pemerintah agar meningkatkan penyediaan layanan dasar, seperti kesehatan, pendidikan, akses informasi, teknologi, dan modal ekonomi sesuai dengan kondisi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, terutama kepada penyandang disabilitas, perempuan, anak-anak, dan lanjut usia," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan BPBD bersama Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat setempat secara bersama menyediakan sarana dan prasarana yang disesuaikan dengan kondisi setempat, dengan melakukan pembangunan infrastruktur, sistem peringatan dini untuk mengurangi risiko bencana, dan strategi dalam mengatasi bencana yang mungkin terjadi kepada masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.

"Pemerintah agar mengalokasikan anggaran guna peningkatan kapasitas dan penyediaan layanan dasar bagi masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil, untuk kelanjutan hidup dan pelestarian sumber daya pesisir," demikian Ketua DPR. ***