04
Kam, Mar
157 New Articles

Pemberian Insentif Nakes Bermasalah, Bamsoet: Beri Penjelasan karena itu Janji Pemerintah

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Indonesia 24 Jam
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 19/2 --- Masih adanya persoalan terkait pemberian insentif bagi para tenaga kesehatan (nakes) yang belum tuntas, seperti yang terjadi di 18 puskesmas dan dua rumah sakit pemerintah di Kota Yogyakarta yang mengalami tunggakan selama tiga bulan pada tahun 2020 lalu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah dalam hal ini Kemenkes berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan dalam mengkomunikasikan dana untuk pemberian insentif tersebut, dan diharapkan pejabat terkait dapat menjelaskan persoalan yang dialami oleh para nakes tersebut, mengingat pemberian insentif merupakan janji pemerintah untuk nakes yang telah berjuang menangani pandemi Covid-19.

"Meminta pemerintah dalam hal ini Kemenkes untuk dapat mengatasi persoalan terkait tunggakan insentif tersebut, dengan segera melakukan pembayaran tunggakannya sebagai upaya pemerintah menjamin hak bagi para nakes terpenuhi," kata Bamsoet di Jakarta, Jumat (19/2/2021).

Ketua MPR meminta Kemenkes untuk dapat mengevaluasi pencairan hingga penyaluran dana insentif bagi para nakes, guna menghindari terjadinya kembali tunggakan ataupun persoalan lainnya.

"Menyampaikan kepada pemerintah bahwa pemberian insentif untuk para nakes merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah, sekaligus motivasi agar dapat meningkatkan semangat juang bagi para nakes yang selalu berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19," kata Bamsoet, yang juga meminta komitmen pemerintah agar dalam menyalurkan dana insentif kepada para nakes di seluruh Indonesia tepat sasaran dan tepat waktu, sehingga dapat dipergunakan nakes sebagaimana mestinya. ***