04
Kam, Mar
159 New Articles

Penyakit Ebola Muncul Lagi, Ketua MPR Minta Pemerintah Waspada dan Memahami Cara Penularan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Indonesia 24 Jam
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 19/2 -- Muncul kembalinya penyakit ebola di Afrika Barat yang perlu diwaspadai di Indonesia, mengingat pernah ditemukan virus ebola pada orangutan di Kalimantan. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah  Indonesia agar mewaspadai dan memahami cara penularan penyakit ebola tersebut, serta tidak menganggap remeh ancaman virus atau penyakit saat ini, termasuk ebola, dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan melakukan langkah pencegahan masuknya penyakit ebola ke Indonesia sejak dini.

"Meminta pemerintah mendata wilayah-wilayah yang saat ini terindikasi adanya penyakit ebola atau pun wilayah yang belum lama ini diketahui terdapat penyakit ebola, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan yang lebih ketat terhadap mereka yang datang dari wilayah epidemi ebola," kata Bamsoet di Jakarta, Jumat (19/2/2021).

Ketua MPR meminta pemerintah mengambil pembelajaran dari penanganan pandemi Covid-19 yang kurang diwaspadai saat awal, sehingga akhirnya sulit dikendalikan. MPR berpendapat, pemerintah dapat sigap dan bijak dalam menentukan seluruh kebijakan, khususnya kebijakan terkait sektor kesehatan, mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih terus berkembang, sehingga wajib diperhatikan agar tidak ada penyakit-penyakit atau virus lain yang menyebar di Indonesia.

"Meminta pemerintah menginformasikan dan mengedukasi masyarakat tentang ebola, dan bagaimana cara menghindari atau melakukan antisipasi sehingga masyarakat memiliki kesadaran tentang ebola dan memahami langkah persiapan diri yang dapat dilakukan," pungkasnya. ***