27
Jum, Nov
196 New Articles

1.550 WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri, Bamsoet: Beri Perawatan dan Layanan Kesehatan Sesuai Standar WHO

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Indonesia 24 Jam
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 5/10 -- Terkait kasus warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang terpapar virus Covid-19 bertambah Per 3 Oktober, menjadi 1.550 WNI yang positif Covid di luar negeri, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, agar  Pemerintah dalam hal ini Kementerian Luar Negeri (Kemenlu RI) melalui KBRI dan KJRI meningkatkan koordinasi dengan otoritas pemerintah setempat dalam memastikan jumlah WNI yang terpapar dan yang mendapatkan perawatan serta layanan kesehatan sesuai standar WHO, sehingga diharapkan WNI yang terpapar dapat segera pulih dari terinfeksi Covid-19.

"Pemerintah agar terus berupaya untuk memberikan bantuan kepada WNI yang terdampak kebijakan lockdown dari negara setempat, serta memastikan bantuan tersebut dapat diterima oleh WNI bersangkutan," kata Bamsoet di Jakarta, Senin (5/10/2020).

Ketua MPR juga menjelaskan, Pemerintah dalam hal ini Kemenlu RI melalui KBRI dan KJRI di negara setempat untuk terus meng-update informasi secara detail jumlah WNI per wilayah negara yang terpapar Covid-19, untuk memudahkan pemantauan perkembangan kondisi kesehatan seluruh WNI di negara tersebut, dan sebagai upaya pemerintah memberikan jaminan hak WNI mendapatkan kesehatan dan keselamatan WNI di luar negeri.

"Mendorong KBRI dan KJRI terus mengingatkan kepada seluruh WNI yang tinggal di negara-negara dengan kondisi penyebaran Covid-19 yang masih tinggi, untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan patuh terhadap kebijakan yang berlaku di masing-masing negara," pungkasnya. ****