02
Kam, Jul
175 New Articles

Antisipasi Masyarakat Tetap Mudik, Bamsoet: Perketat Pengawasan Kesehatan dan Keamanan Pemudik, Siapkan Tempat Karantina Khusus

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Indonesia 24 Jam
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 9/4-- Setiap  daerah di Indonesia perlu  meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan wabah Covid-19, terutama jelang Lebaran yang diprediksi masyarakat akan tetap melakukan mudik. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu mempertimbangkan pembentukan tim pengawas, termasuk gugus tugas khusus hingga desa-desa di seluruh wilayah Indonesia, sebagai upaya untuk mengetahui persebaran dan penanganan virus Covid-19 agar penanganan lebih cepat sehingga bisa membantu pemutusan mata rantai penularan dan mencegah agar tidak lebih banyak korban.


"Pemerintah daerah diminta untuk  memperketat pengawasan kesehatan dan keamanan terhadap warganya yang datang dari luar daerah/pemudik di setiap perbatasan daerah, serta mempersiapkan tempat karantina khusus bagi para pemudik, yang disesuaikan dengan protokol kesehatan WHO, guna menekan angka penyebaran Covid-19.
," kata Bamsoet di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Setiap kepala daerah juga diminta untuk bekerja sama dengan aparat kepolisian dalam  mengambil langkah detail di lapangan dalam mengantisipasi mudik jelang lebaran, serta menyiapkan strategi pencegahan apabila terjadi lonjakan arus mudik.

"Pemerintah daerah perlu mempertegas imbauan bagi warganya agar menunda mudik, termasuk membangun komunikasi dan kerjasama dengan provinsi asal pemudik seperti Jabodetabek dan Jawa Barat untuk sosialisasi gerakan tunda mudik tahun ini," pungkasnya. ****