19
Kam, Sep
124 New Articles

Paus Tutul Mati Terdampar di Pantai Dusun Krajan Lumajang

Ikan paus tutul yang terdampar (POLRES LUMAJANG)

Indonesia 24 Jam
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Lumajang 10/9--Seekor ikan paus tutul berukuran 6x1 meter terdampar di Dusun Krajan, Lumajang, Senin (9/9/2019) sekitar pukul 18.00 WIB  Saat ditemukan warga, ikan paus tutul tersebut masih bergerak, namun tidak diketahui pasti apakah itu karena ombak atau memang masih hidup.

Berawal dari kecurigaan warga setempat yang melihat ada benda besar terdampar di bibir pantai, yang setelah didekati ternyata ikan paus tutul. Siyo, Kepala Dusun Krajan, selanjutnya menghubungi Polsek Pasirian setelah paus tutul itu sama sekali tidak bergerak.

Kapolsek Pasirian didampingi Danramil serta anggota SKD mendatangi lokasi. Paus tutul sepanjang 6 meter ini masih utuh dan segar. 

Kapolres Lumajang AKBP DR M Arsal Sahban  yang merupakan putra daerah dari Makassar mengungkapkan, β€œIni kali kedua saya mendengar adanya paus terdampar di Lumajang. Kali ini ukuran pausnya lebih kecil dari sebelumnya, dan indikasi sementara Paus ini terseret gelombang air pasang sehingga terdampar di pesisir pantai lalu mati akibat dehidrasi."

"Kami akan mengawasi bangkai paus ini agar tidak dieksploitasi oleh warga dan tetap utuh hingga pihak instansi terkait datang guna evakuasi bangkai ikan paus ini," ungkap Arsal di Lumajang, Selasa (10/9/2019).

Kapolsek Pasirian Iptu Agus Sugiarto  pihaknya sudah berkoordinasi dengan BBKSD untuk mengevakuasi bangkai paus tersebut. "Seperti perintah Kapolres, saya akan mengamankan bangkai paus agar tidak diambil oleh masyarakat," ujar Agus.***