Lakukan Pemetaan Komprehensif dan Tetapkan Sistem Zonasi untuk PPDB

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN PARLEMEN DPR RI)

Indonesia 24 Jam
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 13/3 ---  Ketua DPR RI Bambang Soesatyo  mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan pemetaan secara komprehensif dan menetapkan sistem zonasi untuk Penerimaan Peserta Didik Baru/PPDB di daerah-daerah yang belum menetapkan, agar dalam menentukan zonasi, tidak ada wilayah yang tidak termasuk dalam zonasi.

Penegasan Ketua DPR ini terkait masih terdapat 280 kabupaten/kota yang belum menetapkan sistem zonasi untuk digunakan pada PPDB, berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Kemendikbud, yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2019.

"Kemendikbud agar meminta Pemda Provinsi dan Pemda Kabupaten/Kota untuk segera menyelesaikan dan menyerahkan data zonasi dengan memperhatikan ketersediaan daya tampung siswa ditiap sekolah, sehingga pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020 dapat tepat waktu," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Ketua DPR juga mendorong  Kemendikbud melalui Dinas Pendidikan bersama Pemda turut aktif dalam melakukan sosialisasi mengenai sistem zonasi dalam PPDB, seperti dengan mendatangi keluarga-keluarga yang memiliki anak usia sekolah dan kepada orang tua yang akan mendaftarkan anaknya ke SD, SMP dan SMA, agar tidak menimbulkan kebingungan bagi orang tua murid saat PPDB berlangsung.


"Kemendikbud agar meminta Pemda untuk melakukan perbaikan sarana dan prasana serta fasilitas pendukung belajar lainnya secara berkelanjutan, guna menghindari adanya ketimpangan fasiltas pendukung belajar antar sekolah," demikian Ketua DPR. ***