25
Jum, Sep
246 New Articles

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 24/9 --  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan pencegahan penyebaran virus Covid-19 dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 bukan hanya difokuskan pada 270 daerah yang menyelenggarakan Pilkada (9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota). Melainkan juga pada kabupaten dan kota lainnya, yang walaupun tidak ikut Pilkada kabupaten/kota, namun mengikuti Pilkada pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur di 9 provinsi. Dengan demikian secara keseluruhan, ada 309 daerah kabupaten dan kota yang patut diwaspadai.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 24/9 -- Terkait ribuan desa di Indonesia rentan terdampak perubahan iklim dikarenakan belum memiliki atau menerapkan upaya adaptasi dan mitigasi yang baik, Ketua MPR RI: Bambang Soesatyo mendorong Pemerintah meningkatkan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim kepada masyarakat, dikarenakan perubahan iklim dapat memicu terjadinya cuaca ekstrem yang dapat berdampak pada terjadinya bencana.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 22/9 --  Pandemi Covid-19 di Indonesia telah masuk di lingkungan pemerintahan. Hal itu terbukti dengan adanya beberapa pejabat pemerintah dan banyaknya aparatur sipil negara (ASN) yang terpapar Covid-19. Terkait hal itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) bersama Satgas Penanganan Covid-19 dan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di masing-masing instansi pemerintah untuk memperketat pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan harapan penyebaran Covid-19 tidak meluas dan tidak memunculkan kluster baru penularan Covid-19 di lingkungan pemerintahan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 23/9 -- Salah satu dampak dari pandemi Covid-19 adalah  menurunnya kualitas hidup warga lanjut usia/lansia, sehingga Pemerintah perlu memberikan perhatian kondisi sosialnya. Terkait hal itu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong Pemerintah, dalam hal ini Direktorat Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas bersama Kementerian Sosial/Kemensos, untuk membuat program dengan strategi yang cocok untuk lansia, mengingat dampak pandemi Covid-19 di dalam kehidupan lansia sangat rentan seperti aspek kesehatan, sosial, maupun ekonomi, yang perlu menjadi perhatian.

Arif Satria

Bogor 19/9--  Rektor IPB Arif Satria, mengumumkan dirinya positif Covid-19, setelah ia berinisiatif melakukan tes swab mandiri, pada Jumat (18/9/2020) dan hasilnya dinyatakan positif. Arif meminta pihak IPB untuk lebih memperketat pengawasan masuk ke lingkungan kampus. "Meski positif, fisik saya dalam keadaan baik. Saya tetap beraktivitas dan melaksanakan tanggungjawab, melalui koordinasi virtual," kata Arif melalui pesannya, Sabtu (19/9/2020).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 22/9 --  Kawasan industri rentan menjadi kluster penyebaran covid-19, setelah sebelumnya terdapat 369 pekerja pabrik mesin pencetak di Kawasan Industri EJIP, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,  dikonfirmasi positif Covid-19. Terkait hal itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan Pemerintah agar menyarankan pimpinan perusahaan untuk tetap melakukan tes usap kepada para pekerja industri, agar kemudian dapat dilakukan tracing apabila didapati terdapat pekerja yang positif covid-19, sehingga secara bertahap dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta  17/9 --  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro sepakat menjalin kerjasama di bidang riset dan kajian. Salah satunya untuk melakukan harmonisasi kesesuaian berbagai produk undang-undang dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI 1945). Selain itu, kerjasama juga dilakukan untuk membangun strategi formulasi internalisasi ideologi Pancasila di kalangan milenial.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 22/9 -- Terkait angka harian kasus baru covid-19 di Indonesia yang kini berada di angka 4000-an setiap harinya, seperti data kasus baru Covid-19 pada Senin 21 September 2020 mencapai 4.176 kasus, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan Pemerintah agar tetap melakukan strategi untuk mengantisipasi angka harian kasus baru Covid-19 supaya tidak terus meningkat, dengan menggencarkan uji spesimen kepada masyarakat, baik rapid test ataupun tes usap, khususnya kepada masyarakat yang tersuspek terpapar virus corona.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 17/9 -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi kerjasama tim dari tiga fakultas di Universitas Gunadarma (Fakultas Teknik Industri, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Komputer) yang telah berhasil menciptakan alat ventilator menggunakan sistem knockdown dengan harga terjangkau serta menggunakan material yang hampir semuanya berasal dari dalam negeri. Dengan spesifikasi tersebut, ventilator dapat diproduksi secara cepat dengan biaya efisien.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 22/9 -- Kapasitas layanan kesehatan makin penuh, termasuk yang tersedia di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.  Sehingga jika jumlah kasus penularan terus bertambah, kapasitas fasilitas kesehatan terancam tak mencukupi. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo  menyatakan, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Dinas Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19 agar mengantisipasi kondisi tersebut dan segera melakukan pendataan keseluruhan fasilitas layanan kesehatan yang memerlukan penambahan kapasitas layanan kesehatan, khususnya di daerah dengan angka kasus penularan Covid-19 yang tinggi, sebagai upaya pemerintah menjamin ketersediaan fasilitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 17/9 -- Aktivitas pejabat publik yang padat membuat para pejabat publik rentan terpapar covid-19,  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong aparat kementerian maupun lembaga agar melengkapi alat pelindung diri/APD, baik dalam bertugas dikantor maupun tugas lapangan, dan diharapkan pemerintah dapat menginformasikan secara terbuka apabila ada pejabat publik, baik menteri, gubernur, bupati, walikota, sekretaris wilayah, hingga stafnya, yang terpapar covid-19, sehingga pelacakan/tracing dapat segera dilakukan dan meluasnya penyebaran covid-19 dapat dicegah dengan segera.

Artikel Selanjutnya...