06
Sab, Mar
170 New Articles

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 5/3-- Pemerintah menilai stigma masyarakat tentang Covid-19 masih menjadi kendala selama setahun virus Covid-19 menyebar di Indonesia. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah untuk segera menghilangkan stigma tersebut dengan cara menggandeng pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk secara bersama terus mengedukasi masyarakat agar didapat pemahaman yang konprehensif tentang Covid-19, guna meminimalisir tindakan pengucilan yang dirasakan warga yang didiagnosis Covid-19 maupun tenaga kesehatan (nakes) yang sedang bertugas melacak ataupun melakukan tes dari kluster tertentu. Mengingat, stigma sosial bisa terjadi akibat kurangnya pengetahuan tentang Covid-19.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 5/3-- Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) mengungkapkan, mutasi virus Covid-19 yang diberi sandi B117 kini telah masuk di Indonesia. Dan sedikitnya dua kasus penularan virus mutasi terkonfirmasi pada Senin (1/3). Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk memahami perkembangan dan reaksi serta sistem penyebaran mutasi covid-19 dengan kode B117 tersebut, dan segera menyiapkan langkah antisipasi penyebaran mutasi varian baru Covid-19 (B117), guna mencegah meluasnya penyebaran mutasi virus tersebut.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 2/3--- Di tengah lonjakan kasus Covid-19, vaksinasi bagi tenaga kesehatan (nakes) di Papua dan Maluku belum berjalan optimal. Hal tersebut diketahui karena rendahnya anggaran dan rendahnya komitmen kepala daerah setempat atas kegiatan vaksinasi tersebut. 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 5/3--- Maraknya disinformasi dan penyebaran hoaks secara meluas mengaburkan pemahaman masyarakat akan manfaat dan risiko vaksinasi Covid-19,  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk segera melakukan pemblokiran situs yang menyebarkan berita hoaks, di samping Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memperlihatkan transparansi dalam program vaksinasi serta berkolaborasi dengan banyak pihak untuk menggencarkan kampanye tentang tujuan dan manfaat vaksin Covid-19.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 25/2-- Terkait risiko penularan Covid-19 dari pelaku perjalanan internasional dinilai cukup tinggi, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah secara tegas memberlakukan aturan kepada pelaku perjalanan internasional, tidak terkecuali kepada pihak-pihak yang melakukan perjalanan bisnis atau dalam rangka melakukan pekerjaan, para pekerja migran, pelajar atau mahasiswa, dan pegawai pemerintah, yaitu kewajiban untuk melakukan karantina selama minimal 5 hari untuk orang yang baru tiba di Indonesia.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 4/3- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut baik langkah Presiden Joko Widodo membentuk Komisi Nasional Disabilitas (KND), sebagai pelaksanaan amanat UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Sesuai Pasal 132 UU Nomor 8 Tahun 2016, KND memiliki tugas melaksanakan pemantauan, evaluasi, dan advokasi pelaksanaan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Hasilnya dilaporkan langsung kepada presiden, sehingga kedudukan KND sangat kuat.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 25/2-- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan adanya dugaan pemangkasan insentif bagi tenaga kesehatan/nakes, serta KPK juga menemukan sejumlah persoalan terkait pembayaran insentif dan pemberian santunan kepada tenaga kesehatan dalam kurun Maret hingga akhir Juni 2020, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan/Kemenkes bersama Dinas Kesehatan, pihak rumah sakit, dan KPK menelusuri adanya dugaan pemotongan insentif tersebut melalui pengungkapan data yang detail dan transparan, mengingat hal ini bertentangan dengan kebijakan pemerintah pusat yang menegaskan untuk mengeluarkan hak-hak tenaga kesehatan sebesar 100 persen tanpa ada pemotongan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 4/3 - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan, diantara berbagai sektor perekonomian yang terpuruk akibat pandemi Covid-19, sektor pariwisata termasuk yang terpuruk paling dalam. Diperkirakan 30 juta lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terdampak pandemi Covid-19. Menurut Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), hingga penghujung tahun 2020, total kerugian pada sektor pariwisata di Indonesia telah mencapai lebih dari Rp 10 triliun.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 25/2 -- Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) melalui surat edaran yang diterima media pada Senin (22/2) menyatakan, anggaran santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19 sudah tidak tersedia pada 2021, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah dalam hal ini Kemensos untuk menganggarkan kembali melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan meninjau kembali keputusan penghapusan santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19, mengingat besaran anggaran untuk santunan korban Covid-19 tidak akan berpengaruh signifikan terhadap keuangan negara.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 2/3- Virus corona penyebab Covid-19 telah menginfeksi Indonesia selama satu tahun sejak 2 Maret 2020 hingga 2 Maret 2021, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah untuk melakukan  evaluasi terhadap program ataupun langkah yang diambil untuk penanggulangan Covid-19 dan diharapkan pemerintah tetap mengupdate perkembangan virus corona, baik perkembangan virusnya hingga data-data masyarakat yang terpapar, sehingga dapat segera dilakukan langkah penanganan yang tepat dan efektif untuk memutus mata rantai Covid-19.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 25/2-- Dari beberapa hasil survei terkait vaksinasi Covid-19 menunjukkan bahwa, masih tingginya masyarakat yang menolak vaksin dengan berbagai alasan, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Tim Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk mengevaluasi secara menyeluruh strategi sosialisasi terkait vaksinasi Covid-19 agar didapat metode baru yang lebih baik dalam menyebarluaskan informasi tentang efektivitas vaksin Covid-19 maupun tujuan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, dengan melibatkan awak media untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat.

Artikel Selanjutnya...