31
Min, Mei
183 New Articles

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 31/5 -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan ada dua konsekuensi dari penerapan new normal. Pertama adalah pemulihan kehidupan berkelanjutan yang harus menjadi target bersama. Konsekuensi kedua adalah kegagalan new normal yang bisa mengakibatkan terjadinya gelombang kedua penularan Covid-19.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 29/5 --- Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia/KSPI yang menegaskan bahwa kelompok buruh lebih memerlukan solusi untuk ancaman gelombang  Pemutusan Hubungan Kerja/PHK dibandingkan penerapan kebijakan new normal, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meresponnya dengan menyatakan bahwa pemerintah dan pihak pengusaha serta perwakilan buruh melalui KSPI untuk berdialog mencari solusi terhadap ancaman PHK bagi pekerja, dikarenakan grafik kasus covid-19 masih terus meningkat hingga saat ini dan menyebabkan potensi semakin bertambahnya gelombang PHK.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 28/5--- Sebanyak tujuh provinsi yaitu Aceh, Bengkulu, Jambi, Sulawesi Tengah, Riau, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur menunjukkan tren baik dengan tidak terjadi penambahan jumlah kasus positif Covid-19, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi upaya pemerintah daerah/kepala daerah di tujuh provinsi tersebut dalam menangani serta mengendalikan persebaran Covid-19 dan berharap agar semua daerah dapat mencontoh maupun memperketat disiplin sosial sehingga tidak terjadi penambahan jumlah kasus positif Covid-19.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 29/5-- Sehubungan dengan penjelasan Pemerintah terhadap akan tibanya 500 Tenaga Kerja Asing/TKA asal Cina yang dijadwalkan akan tiba di Indonesia pada akhir Juni atau awal Juli 2020 untuk mempercepat pembangunan smelter nikel di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah pusat bersama pemerintah daerah/Pemda Provinsi Sulawesi Tenggara mempertimbangkan dan mengkaji kembali rencana tersebut karena dapat menimbulkan dampak sosial dan keresahan di masyarakat, mengingat saat ini Pemerintah sedang berfokus pada kebijakan untuk memutus penyebaran Covid-19, salah satunya dengan membatasi akses orang asing masuk ke wilayah Indonesia.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta  28/5 ---  Ketua MPR Bambang Soesatyo mengimbau para kepala daerah dari empat provinsi dan 25 kabupaten/kota yang akan menerapkan new normal agar segera dan secara intensif mensosialisasikan protokol kesehatan. Agar bisa menjangkau semua rumah tangga atau keluarga. Kegiatan sosialisasi protokol kesehatan itu hendaknya melibatkan semua aparatur daerah hingga pengurus rukun tetangga dan rukun warga (RT/RW). Selain mall-mall perlu juga dipertimbangkan untuk segera melonggarkan rumah-rumah ibadah dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 28/5-- Perlunya Pemerintah mempertimbangkan secara matang wacana pembukaan sekolah untuk kegiatan belajar mengajar para siswa, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong Pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa, untuk memperhatikan sarana dan prasarana sekolah harus disesuaikan dengan kondisi untuk menghadapi kemungkinan penyebaran Covid-19, minimal setiap sekolah sudah siap menjalankan protokol kesehatan sebelum membuka sekolah atau pada kondisi pandemi Covid-19 benar-benar dianggap sudah bersih.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 27/5-- Perlunya meningkatkan keamanan dan penjagaan yang intensif di perairan Natuna, Kepulauan Riau agar nelayan tidak cemas dengan keberadaan kapal asing, mengingat sengketa laut antara Indonesia dan China sempat memanas di perairan Natuna Utara, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong TNI AL bersiaga dalam menjaga batas teritorial laut Indonesia sebagai upaya pertahanan negara sehingga memberikan rasa aman bagi aktivitas nelayan-nelayan Indonesia di Natuna serta agar Kepala Staf TNI AL yang baru terus mencari terobosan dan kreativitas dalam upaya mempertahankan kedaulatan di laut.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 28/5--- Terkait Bantuan Langsung Tunai/BLT, program keluarga harapan, dan bansos sembako, yang masih belum terdistribusikan hingga ke masyarakat di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia,  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah pusat, pemerintah daerah/Pemda, hingga ke pemerintah desa memetakan seluruh masyarakat, baik yang terdata maupun yang belum terdata tapi tinggal di daerah terkait, agar segera dikunjungi pemerintah untuk diberikan bantuan sembako, bantuan non-tunai, ataupun bantuan tunai.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 26/5-- Terkait dibuka kembali Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 yang dimulai pada hari ini, Selasa (26/5/2020),  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengimbau kepada masyarakat, khususnya bagi yang terdampak Pemutusan Hubungan Kerja/PHK, dirumahkan, juga bagi yang bekerja di sektor pariwisata dan industri agar segera mendaftarkan diri dalam program Kartu Prakerja, agar bantuan insentif dapat segera disalurkan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 28/5--- Terkait pemerintah yang mulai bersiap dalam menerapkan tatanan normal baru atau new normal dalam menjalani kehidupan bermasyarakat di tengah pandemi Covid-19, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan Pemerintah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 2019 bahwa kenaikan kasus Covid-19 masih terus terjadi di Indonesia. 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 23/5-- Perlunya pemerintah untuk memperhatikan sejumlah aspek dalam membuat protokol pendidikan di tengah situasi darurat, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memastikan Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Kemendikbud, agar dalam protokol pendidikan di tengah situasi darurat tersebut dapat untuk mempersiapkan dan menghadapi situasi bencana daerah, bencana nasional, pandemi, hingga perang jika nantinya hal-hal tersebut terjadi di masa depan, seperti kurikulum dan metode materi pembelajaran, agar Kemendikbud dapat selalu siap dalam menghadapi situasi di kondisi apa pun.

Artikel Selanjutnya...