20
Sab, Jul
220 New Articles

Ketua DPR Dukung Tindakan Menteri Kelautan dan Perikanan Memprotes Intervensi Kapal Pengawas Asing

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN DPR RI)

Hukum
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 12/4 -- Terkait adanya intervensi yang dilakukan oleh kapal pengawas asing (Malaysia dan Vietnam) terhadap aparat pengawas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ketika sedang melakukan penangkapan kapal-kapal ikan asing ilegal yang memasuki Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI), (Data KKP sejak Januari-April 2019 tercatat tiga penangkapan kapal asing ilegal oleh pengawas KKP yang dihalang-halangi oleh kapal pengawas asing), Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendukung tindakan Menteri Kelautan dan Perikanan yang memprotes dan mengecam keras adanya upaya intervensi dari kapal pengawas asing terhadap proses penegakan hukum di ZEEI.

"Mendorong Menteri Kelautan dan Perikanan dan Menteri Luar Negeri untuk segera melayangkan protes keras melalui jalur diplomasi," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

KKP agar dapat memproses hukum kapal-kapal ikan asing yang berusaha menangkap ikan secara ilegal di ZEEI sesuai dengan hukum positif yang berlaku.

"Mendorong KKP bekerjasama dengan TNI AL, TNI AU, dan Polair dalam menjaga teritorial perairan Indonesia, terutama dari adanya pencurian ikan oleh kapal asing,"  demikian Ketua DPR. ***