Ketua DPR: Segera Selesaikan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN PARLEMEN DPR RI)

Politik
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 14/5 -- Penambahan waktu rekapitulasi diberikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke sejumlah Provinsi (Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua), karena masih ada beberapa Kecamatan di daerah tersebut yang belum selesai merekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta kepada para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di sejumlah Provinsi tersebut, untuk segera menyelesaikan rekapitulasi hasil Pemilu 2019, mengingat KPU hanya memberikan batasan waktu 3 hari.

"KPU dan Bawaslu agar terus melakukan pengawalan terhadap proses rekapitulasi yang dilakukan di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi tersebut, khususnya mengawasi proses rekapitulasi suara di tingkat Kecamatan, mengingat sering kali terjadinya perbedaan pendapat antara Petugas Pemungutan Suara Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), panitia pengawas, hingga saksi yang dapat berdampak pada lamanya proses rekapitulasi," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Bawaslu untuk terus berkoordinasi dengan aparat Kepolisian dalam melakukan pengawasan dan pengawalan terhadap jalannya proses rekapitulasi di seluruh wilayah, terutama wilayah-wilayah yang masih dalam proses penyelesaian rekapitulasi hasil Pemilu, guna menjamin keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan rekapitulasi hasil Pemilu 2019.

"Mengimbau kepada seluruh masyarakat agar terus berpartisipasi dalam mengawal jalannya proses rekapitulasi hasil Pemilu 2019 guna menghindari terjadinya kecurangan ataupun pelanggaran dalam proses tersebut, serta untuk tetap tenang, tidak memprovokator dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum diketahui kebenarannya," demikian Ketua DPR. ***