21
Min, Jul
220 New Articles

Ketua DPR: Usut Tuntas Peristiwa Pembakaran Surat Suara Pemilu

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN DPR RI)

Politik
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 25/4 -- Terkait dengan perampasan dan pembakaran surat suara pemilu serta aksi penembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kepada TNI di Kabupaten Nduga, Papua (24/04), Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Kepolisian untuk mengusut tuntas peristiwa pembakaran tersebut dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan, serta menindak tegas pihak-pihak yang terlibat sesuai hukum positif yang berlaku.

"Mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk segera mencari solusi terhadap kotak suara yang dibakar dengan melakukan pemungutan suara ulang di Nduga, Papua, dengan melibatkan TNI dan Kepolisian untuk menjaga jalannya pemilu ulang guna memberikan rasa aman bagi masyarakat dan petugas di TPS saat proses pemilu ulang berlangsung," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Badan Intelijen Negara (BIN) agar meningkatkan kinerja khususnya di wilayah rawan kriminalitas, serta memberikan informasi yang akurat kepada presiden agar segera dapat memerintahkan Kepolisian dan TNI, untuk dapat dilakukannya tindakan tegas baik pengejaran maupun pemberantasan KKSB.

Kepolisian dan TNI agar segera melokalisir keberadaan KKSB yang sudah sangat meresahkan untuk memberikan rasa aman bagi warga Kabupaten Nduga dan sekitarnya, dan meningkatkan keamanan dan kewaspadaan baik di obyek vital maupun di lingkungan penduduk, agar mempersempit ruang gerak KKSB.

"Mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum diketahui kebenarannya oleh provokator, serta tetap berpedoman berdasarkan data resmi KPU untuk mengetahui hasil penghitungan riil Pemilu 2019," demikian Ketua DPR. ***