Jaga Integritas Pemilu, Ketua DPR: Usut Tuntas Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN DPR RI)

Politik
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 12/4 -- Ditemukannya surat suara yang telah dicoblos di sebuah ruko di Bandar Baru, Bangi, Selangor, Malaysia, pada 11 April lalu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu LN) dan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) Luar Negeri untuk mengusut secara tuntas dan transparan guna menjaga integritas pemilu yang dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat pada proses dan hasil pemilu.

"Kepolisian RI agar memastikan keaslian kertas surat suara yang sudah dicoblos sebagaimana fakta di lapangan," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta,  Jumat (12/4/2019).

 Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar melakukan evaluasi termasuk Standar operasional yang dilakukan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) jika berpotensi tidak melaksanakan tugas sesuai aturan, maka KPU harus segera memberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bawaslu juga didorong untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu 2019, baik di luar negeri maupun di Indonesia, agar pelaksanaan Pemilu 2019 berlangsung sesuai dengan asas Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil)

"Mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi hingga penyidikan dan penyelidikan selesai dilakukan, serta menunggu informasi resmi yang disampaikan oleh pihak KPU maupun Kepolisian," demikian Ketua DPR. ***