26
Min, Jan
62 New Articles

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 23/1 - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut terbuka usulan Majelis Tinggi Agama Konghucu (MATAKIN) mengenai pentingnya perubahan terbatas UUD NRI 1945 agar Indonesia memiliki Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN). Khususnya, sebagai road map membangun karakter manusia Indonesia yang Pancasilais.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 21/1-- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai usulan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) untuk menghadirkan kembali Utusan Golongan sebagai anggota MPR RI, merupakan wacana menarik yang perlu dielaborasi lebih jauh. Usulan serupa juga sudah diusulkan PP Muhammadiyah saat menerima kunjungan pimpinan MPR RI pada 16 Desember 2019.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 15/1---- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak para aktivis yang tergabung dalam Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (PRODEM) melakukan kajian tentang kualitas demokrasi Indonesia yang sudah berjalan 21 tahun. Seberapa jauh demokrasi memberikan kesejahteraan kepada rakyat, serta apa saja perkerjaan rumah Indonesia dalam menumbuhkembangkan demokrasi yang sesuai jati diri bangsa.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Maroko 31/12 - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo optimis memasuki tahun 2020, dinamika politik Indonesia akan menapak jauh lebih baik. Sebab, modal dasar untuk mewujudkan stabilitas nasional dan ketertiban umum, yakni persatuan dan kesatuan semua elemen bangsa, telah dimulai dan terus berproses. 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 20/1-- - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut hangat dukungan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kehidupan Bernegara (LPPKB) yang diisi para profesor dari berbagai disiplin ilmu, atas rencana MPR RI melakukan amandemen terbatas UUD NRI 1945 untuk menghadirkan Pokok-Pokok Haluan Negara. Akibat ketiadaan Pokok-Pokok Haluan Negara, arah pembangunan nasional seperti tak punya pegangan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta  29/12 -- Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi kinerja pemerintah yang berhasil menjaga pertumbuhan ekonomi nasional 2019 pada kisaran 5 persen. Namun, karena dunia masih menghadapi ketidakpastian, Ketua MPR mendorong pemerintah agar tetap menerapkan azas kehati-hatian (prudent) dalam pengelolaan ekonomi negara sepanjang tahun 2020.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 18/12-- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan salah satu tugas penting MPR RI 2019-2024 adalah menyejukan suhu politik agar tidak terlalu panas menyengat, namun juga tidak hujan terlalu lebat. Suhu politik yang sejuk akan bisa menstimulus pergerakan ekonomi nasional yang akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat. Karena itu dalam menjalankan rekomendasi MPR RI 2014-2019 untuk melakukan amandemen terbatas terhadap UUD NRI 1945 guna menghadirkan Pokok-Pokok Haluan Negara, MPR RI 2019-2024 memulainya dengan melakukan silaturahim kebangsaan ke berbagai elemen masyarakat.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 16/1 --- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung langkah Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat yang membuat terobosan membangun kerjasama dengan MPR RI dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda Jawa Barat. Sebagai wakil rakyat yang langsung bersentuhan dengan kehidupan masyarakat Jawa Barat, anggota DPRD dituntut kreatif dalam mendekatkan diri dengan kalangan muda.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta 18/12 - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan selain pentingnya kehadiran Pokok-Pokok Haluan Negara dalam amandemen terbatas UUD NRI 1945, muncul pemikiran dari Pengurus Pusat Muhammadiyah menghadirkan kembali utusan golongan dalam wajah MPR RI. Usulan tersebut bisa membuka ruang dialektika lain dalam wacana amandemen kelima UUD NRI 1945.

Artikel Selanjutnya...