Rubrik Sosok

Kenang Wakil Ketua Umum IMI Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro, Bamsoet: Judiarto Sukses Gelar Kejuaraan Motocross Dunia di Indonesia

Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro

"Pernah aktif sebagai crosser, Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro kemudian menangani sejumlah event seperti motocross, powercross dan kejurnas speed offroad. Berkat dirinya, pada tahun 2017 Indonesia bisa menjadi tuan rumah kejuaraan motocross dunia, MXGP. Bahkan sejak tahun 2018, dalam setahun Indonesia dipercaya menyelenggarakan MXGP sebanyak dua kali. Pada tahun 2021 ini MXGP rencananya akan digelar kawasan Borobudur pada 28 November 2021 dan di Bali pada 5 Desember 2021," ujar Bamsoet mengenang sosok Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro, di Jakarta, Kamis (15/7/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, karena kegigihannya memajukan olahraga otomotif di Indonesia, Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro yang juga pernah menjabat sebagai Ketua IMI DKI Jakarta selama dua periode ini dikenal dengan panggilan Mr. Bond (kependekan dari James Bond). Selain MXGP, ia juga sukses menyelenggarakan berbagai event bergengsi.

"Seperti Indoprix National Championship, yang tidak hanya digelar di pulau Jawa, melainkan juga digelar di sirkuit luar pulau Jawa. Seperti Sirkuit Balipat Binuang di Kalimantan Selatan, hingga kejuaraan Powertrack Championship yang fenomenal karena menghelat 2 cabang olahraga IMI sekaligus yakni motocross dan grasstrack," jelas Bamsoet.

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) ini menerangkan, saat menjabat Ketua IMI DKI Jakarta pada tahun 2016, Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro berhasil mengantarkan pembalap Indonesia, Rafid Topan Sucipto, berlaga di FIM CEV hingga Moto2. Sebagai CEO PT Premium Motorindo yang mengurusi distribusi motor KTM dan Husqvarna di Indonesia, Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro tidak hanya sekadar berjualan dan mencari profit. Melainkan juga tidak lupa untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan keamanan berlalu lintas.

"Di bawah kepemimpinan Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro, PT Premium Motorindo Abadi menggandeng instruktur safety riding profesional, Joel Mastana, membuat KTM Riding Academy. Sebagai wadah mengedukasi masyarakat tentang berbagai hal seluk beluk mengendarai roda dua, agar selalu aman dan nyaman," pungkas Bamsoet. ***