Sekjen Depinas SOKSI Dicopot dari Pimpinan Komisi IX, Baladhika Karya Meradang

Nofel Salih Hilabi

Partai Politik
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 5/7-- Ketua Umum Baladhika Karya, Nofel Salah Hilabi mempertanyakan kebijakan Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) DPR RI, Melchias Markus Mekeng mencopot mendadak Ichsan Firdaus dari Wakil Ketua Komisi IX dan digantikan oleh Dewi Asmara. “Kenapa? Ada apa? Apakah ada hal yang demikian penting sehingga harus diganti mendadak?” tanya Nofel, Jumat (5/7/2019).

Menurut Nofel, FPG berada di bawah koordinasi DPP. Sehingga, apa yang dilakukan Ketua FPG juga atas persetujuan Ketua Umum DPP Partai Golkar. “Fraksi Partai Golkar secara struktural adalah perpanjangan tangan dari DPP. Jadi apa yang diputuskan Pak Mekeng sebagai Ketua FPG DPR tentunya atas restu dan izin Pak Airlangga. Ini menjadi pertanyaan,” lanjut Waketum PP AMPG ini.

Tidak seharusnya, lanjut Nofel, keputusan pergantian pimpinan Komisi dilakukan berdasar suka tidak suka tanpa pembahasan mendalam. “Apa pergantian ini sudah dikoordinasikan dengan DPP? Karena, pergantian pimpinan komisi tidak bisa semena-mena hanya atas dasar like dan dislike. Ada proses dan aturan mainnya. Saya rasa pak Mekeng dan pak Adies lebih paham,” papar Nofel.

Nofel meminta FPG DPR menjelaskan kepada para kader alasan penggantian ini, agar tidak terjadi salah penafsiran. “Daripada terjadi kecurigaan di kalangan kader Golkar, sebaiknya pak Mekeng dan atau Pak Adies menjelaskan penggantian pak Ichsan ini ke kader Golkar. Karena, setahu kami sejauh ini capaian pak Ichsan selama memimpin Komisi IX cukup baik,” pungkas Nofel.

 Surat bernomor IX.1/2530/FPG/DPRRI/VI/2019 tertanggal 28 Juni 2019 itu mengganti posisi Wakil Ketua Komisi IX dari FPG DPR RI semula Ichsan Firdaus (A-260) menjadi Dewi Asmara (A-258). Surat itu ditanda tangani Ketua dan Sekretaris FPG DPR RI, Melchias Markus Mekeng dan Adies Kadir.

Seperti diketahui, Ichsan Firdaus adalah legislator Partai Golkar dari dapil Kabupaten Bogor. Kader muda Golkar ini menjabat Sekjen Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI. Baladhika Karya, adalah salah satu lembaga konsentrasi di bawah SOKSI yang kini dikomandani Nofel Saleh Hilabi. ***