04
Kam, Mar
157 New Articles

Bamsoet Ucapkan Selamat Kepada Presiden Baru AS yang Dilantik 20 Januari 2021 waktu AS

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Amerika
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 20/1 -- Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, atas nama Pimpinan dan Anggota MPR RI mengucapkan 'Selamat kepada Joe Biden yang dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46' pada Rabu (20/1/2021) waktu AS atau Kamis WIB.  Ucapan selamat juga disampaikan kepada Kamala Harris yang dilantik sebagai Wakil Presiden AS.

“Saya juga menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada Amerika Serikat yang telah kehilangan 400 ribuan warganya sejak Pandemi Covid. Lebih banyak dari jumlah keseluruhan tentara Amerika yang tewas dalam peperangan sejak perang dunia, Korea, vietnam, Invasi Granada, Panama, Iraq, Afghanistan dan konflik lainnya yang melibatkan militer Amerika,” ujar Bamsoet di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

MPR RI berharap Joe Biden dan Kamala Harris mampu mewujudkan harapan rakyat AS yang dipercayakan kepada mereka. Joe Biden akan memulai pengabdiannya sebagai pemimpin AS dalam situasi yang serba tidak mudah.

Sebab, seperti banyak negara lainnya, AS dan Indonesia saat ini juga sedang bekerja keras mengatasi dampak pandemi Covid-19 yang telah melumpuhkan perekonomian global. Dibawah kepemimpinan Biden, Indonesia tentu berharap AS dapat segera mengatasi dampak pandemi Covid-19 agar terbuka peluang bagi upaya pemulihan ekonomi, karena pemulihan di AS bisa mendorong pemulihan ekonomi global.

“Saya juga mengajak Presiden Biden untuk melihat dan memaknai catatan historis tentang hubungan dan kerja sama bilateral RI-AS yang telah berjalan selama 70 tahun. Selama rentang waktu itu, persahabatan kedua negara-bangsa sangat dinamis dan produktif,” ujar Bamsoet.

Banyak agenda kerja sama bilateral RI-AS di berbagai sektor telah direalisasikan. Investasi pebisnis AS di Indonesia cukup signifikan, karena masuk 10 besar.

Bamsoet juga berharap di bawah kepemimpinan Presiden Biden, AS dapat mengedepankan kontribusinya bagi perbaikan tatanan global, terutama mengakhiri perang dagang dan kembali ke Konferensi Perubahan Iklim.

Indonesia berharap, Presiden Biden mampu meningkatkan dan memperkuat kerja sama demi kemakmuran masyarakat AS dan Indonesia.

***